![]() |
STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR
TINGKAT SD, MI,
DAN SDLB
Mata Pelajaran Pendidikan
Jasmani, Olahraga dan Kesehatan untuk Sekolah Dasar (SD)/Madrasah Ibtidaiyah (MI)
A. Latar
Belakang
Pendidikan
Jasmani Olahraga dan Kesehatan merupakan bagian integral dari pendidikan secara
keseluruhan, bertujuan untuk mengembangkan aspek kebugaran jasmani,
keterampilan gerak, keterampilan berfikir kritis, keterampilan sosial,
penalaran, stabilitas emosional, tindakan moral, aspek pola hidup sehat dan
pengenalan lingkungan bersih melalui aktivitas jasmani, olahraga dan kesehatan
terpilih yang direncanakan secara sistematis dalam rangka mencapai tujuan
pendidikan nasional.
Pendidikan
sebagai suatu proses pembinaan manusia yang berlangsung seumur hidup,
pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan yang diajarkan di sekolah memiliki
peranan sangat penting, yaitu memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk
terlibat langsung dalam berbagai pengalaman belajar melalui aktivitas
jasmani, olahraga dan kesehatan yang
terpilih yang dilakukan secara sistematis.
Pembekalan pengalaman belajar itu diarahkan untuk membina pertumbuhan
fisik dan pengembangan psikis yang lebih baik, sekaligus membentuk pola hidup
sehat dan bugar sepanjang hayat.
Pendidikan memiliki sasaran pedagogis, oleh karena itu pendidikan kurang
lengkap tanpa adanya pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan, karena gerak
sebagai aktivitas jasmani adalah dasar bagi manusia untuk mengenal dunia dan
dirinya sendiri yang secara alami berkembang searah dengan perkembangan zaman.
Selama
ini telah terjadi kecenderungan dalam memberikan makna mutu pendidikan yang
hanya dikaitkan dengan aspek kemampuan kognitif. Pandangan ini telah membawa
akibat terabaikannya aspek-aspek moral, akhlak, budi pekerti, seni, psikomotor,
serta life skill. Dengan diterbitkannya Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003
tentang Sistem Pendidikan Nasional dan Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005
tentang Standar Nasional Pendidikan akan memberikan peluang untuk
menyempurnakan kurikulum yang komprehensif dalam rangka mencapai tujuan
pendidikan nasional.
Pendidikan
jasmani, olahraga, dan kesehatan merupakan media untuk mendorong pertumbuhan
fisik, perkembangan psikis, keterampilan motorik, pengetahuan dan penalaran,
penghayatan nilai-nilai (sikap-mental-emosional-sportivitas-spiritual-sosial),
serta pembiasaan pola hidup sehat yang bermuara untuk merangsang pertumbuhan
dan perkembangan kualitas fisik dan psikis
yang seimbang.
B. Tujuan
Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan bertujuan agar peserta
didik memiliki kemampuan sebagai berikut.
1. Mengembangkan keterampilan
pengelolaan diri dalam upaya pengembangan dan pemeliharaan kebugaran jasmani
serta pola hidup sehat melalui berbagai aktivitas jasmani dan olahraga yang
terpilih
2. Meningkatkan pertumbuhan fisik
dan pengembangan psikis yang lebih baik.
3. Meningkatkan kemampuan dan
keterampilan gerak dasar
4. Meletakkan landasan karakter
moral yang kuat melalui internalisasi nilai-nilai yang terkandung di dalam
pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan
5.
Mengembangkan sikap sportif, jujur, disiplin, bertanggungjawab, kerjasama,
percaya diri dan demokratis
6.
Mengembangkan keterampilan untuk menjaga keselamatan diri sendiri, orang
lain dan lingkungan
7.
Memahami konsep aktivitas jasmani dan olahraga di lingkungan yang bersih sebagai informasi untuk
mencapai pertumbuhan fisik yang sempurna, pola hidup sehat dan kebugaran,
terampil, serta memiliki
sikap yang positif.
C. Ruang
Lingkup
Ruang lingkup mata pelajaran Pendiidikan Jasmani,
Olahraga dan Kesehatan meliputi
aspek-aspek sebagai berikut.
1. Permainan dan olahraga
meliputi: olahraga
tradisional, permainan. eksplorasi gerak, keterampilan lokomotor
non-lokomotor,dan manipulatif, atletik, kasti, rounders, kippers, sepak bola, bola basket, bola voli,
tenis meja, tenis lapangan, bulu tangkis, dan beladiri, serta aktivitas lainnya
2. Aktivitas pengembangan
meliputi: mekanika sikap tubuh, komponen kebugaran jasmani, dan bentuk postur
tubuh serta aktivitas lainnya
3. Aktivitas senam meliputi:
ketangkasan sederhana, ketangkasan tanpa alat, ketangkasan dengan alat, dan
senam lantai, serta aktivitas lainnya
4. Aktivitas ritmik meliputi: gerak bebas, senam pagi, SKJ,
dan senam aerobic serta aktivitas lainnya
5. Aktivitas air meliputi: permainan di air, keselamatan
air, keterampilan bergerak di air, dan
renang serta
aktivitas lainnya
6. Pendidikan luar kelas,
meliputi: piknik/karyawisata, pengenalan lingkungan,
berkemah, menjelajah, dan mendaki gunung
7. Kesehatan, meliputi penanaman budaya hidup sehat
dalam kehidupan sehari- hari, khususnya yang terkait dengan perawatan tubuh
agar tetap sehat, merawat lingkungan yang sehat, memilih makanan dan minuman
yang sehat, mencegah dan merawat cidera, mengatur waktu istirahat yang tepat dan berperan aktif
dalam kegiatan P3K dan UKS. Aspek kesehatan
merupakan aspek tersendiri, dan secara implisit masuk ke dalam semua aspek.
D. Standar
Kompetensi dan Kompetensi Dasar
Kelas I, Semester 1
|
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
|
1. Mempraktikkan gerak dasar ke dalam permainan
sederhana/ aktivitas jasmani dan nilai yang terkandung di dalamnya
|
1.1 Mempraktikkan gerak dasar jalan, lari dan
lompat dalam permainan sederhana, serta nilai sportivitas, kejujuran,
kerjasama, toleransi dan percaya diri
1.2 Mempraktikkan gerak dasar memutar, mengayun
ataupun menekuk dalam permainan sederhana, serta nilai sportivitas,
kejujuran, kerjasama, toleransi dan percaya diri
1.3 Mempraktikkan gerak dasar lempar tangkap
dan sejenisnya dalam permainan sederhana, serta nilai sportivitas, kejujuran,
kerjasama, toleransi dan percaya diri
|
|
2. Mendemonstrasikan sikap
tubuh dalam berbagai posisi
|
2.1
Mendemonstrasikan sikap tubuh dalam posisi berdiri
2.2
Mendemonstrasikan sikap tubuh dalam posisi berjalan
|
|
3. Mempraktikkan senam
lantai sederhana tanpa alat dan nilai yang terkandung di dalamnya
|
3.1
Mempraktikkan gerak keseimbangan statis tanpa alat, serta nilai
percaya diri dan disiplin
3.2
Mempraktikkan gerak keseimbangan dinamis tanpa alat, serta nilai
percaya diri dan disiplin
|
|
4. Mengungkapkan
perasaan melalui gerak berirama dan nilai
yang terkandung di dalamnya
|
4.1 Mempraktikkan gerak bebas berirama tanpa
menggunakan musik dan nilai disiplin dan kerjasama
4.2 Mempraktikkan gerak bebas berirama
menggunakan musik dan nilai disiplin dan kerjasama
|
|
5. Menerapkan budaya
hidup sehat
|
5.1 Menjaga kebersihan diri yang meliputi kuku
dan kulit
5.2 Mengenal pentingnya imunisasi
|
|
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence
)
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )
|
|
Kelas
I, Semester 2
|
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
|
6. Mempraktikkan gerak dasar ke dalam
aktivitas jasmani dan nilai yang terkandung di dalamnya
|
6.1
Mempraktikkan gerak dasar jalan, lari dan lompat ke berbagai arah
dengan berbagai pola dalam permainan sederhana, serta nilai kerjasama,
kejujuran, tanggung jawab dan toleransi
6.2
Mempraktikkan gerak dasar memutar, mengayun, menekuk dalam permainan
sederhana, dan nilai kerjasama, toleransi, kejujuran dan tanggung jawab
6.3
Mempraktikkan gerak dasar menangkap obyek berbagai ukuran dalam
permainan sederhana , dan kerjasama, toleransi, kejujuran dan tanggung jawab
|
|
7.
Membiasakan penampilan sikap tubuh dalam berbagai posisi
|
7.1
Membiasakan penampillan sikap tubuh
dalam posisi diam
7.2
Membiasakan penampilkan sikap tubuh dalam posisi bergerak
|
|
8.
Mempraktikkan gerakan senam lantai sederhana dan nilai yang terkandung
di dalamnya
|
8.1 Mempraktikkan gerakan senam lantai
sederhana, serta nilai percaya diri dan disiplin
8.2 Mempraktikkan gerak peregangan dan
pelemasan dalam kegiatan pemanasan sederhana dengan benar serta nilai
disiplin
|
|
9. Menampilkan perasaan melalui musik dan
gerak berirama serta nilai yang terkandung di dalamnya
|
9.1
Menampilkan gerak bebas berirama diorientasikan dengan arah mengikuti
bunyi-bunyian secara individu, serta nilai estetika
9.2 Menampilkan gerak bebas
berirama diorientasikan dengan arah menggunakan bunyi-bunyian secara
berpasangan/ kelompok kecil, serta nilai estetika
|
|
10.
Mempraktikkan dasar-dasar pengenalan air dan nilai yang terkandung di
dalamnya*)
|
10.1 Mempraktikkan aktivitas
dasar di air
10.2 Mempraktikkan berbagai
permainan di air dangkal disertai
nilai percaya diri, kebersihan, dan disiplin
|
|
11.
Mempraktikkan pengenalan lingkungan sekolah melalui aktivitas jasmani dan nilai yang terkandung di dalamnya***)
|
11.1 Mempraktikkan pengenalan
lingkungan sekolah secara beregu, dan nilai disiplin, kerjasama, dan
kebersihan lingkungan
11.2
Mempraktikkan berbagai aktivitas jasmani yang menyenangkan di
lingkungan sekolah, dan nilai disiplin, kerja sama dan pola hidup sehat
11.3
Mempraktikkan pemanfaatan makanan dan minuman yang baik
|
|
12.
Menerapkan budaya hidup sehat
|
12.1 Menjaga kebersihan gigi dan mulut
12.2 Mengenal makanan sehat
|
|
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence
)
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )
|
|

No comments:
Post a Comment