Tuesday, May 19, 2015

SILABUS BAHASA JAWA KELAS 4

SILABUS PEMBELAJARAN REMEN BASA JAWA
KELAS IV SD

Standar Kompetensi
ü  Mampu mendengarkan dan memahami ragam wacana lisan dalam berbagai ragam bahasa ( ngoko, krama, dialek) (Mendengarkan)
ü  Mampu memahami cerita, puisi dan drama serta dapat memberikan kesan dan dapat mengemukakan perasaan dan gagasan untuk berbagai keperluan dalam berbagai situasi dengan tata cara yang sopan dan santun secara lisan  (Berbicara)  
ü  Mampu membaca dan memahami berbagai teks bacaan dengan berbagai teknik membaca bersuara, membaca cepat, membaca indah, dan membaca huruf Jawa (Membaca)
ü  Mampu menulis karangan dengan pikiran sendiri dalam berbagai ragam bahasa dan jenis karangan sesuai kaidah bahasa (Menulis)
ü  Mampu mengapresiasi susastra Jawa (Apresiasi Sastra)

Pelajaran
Kompetensi Dasar
Indikator
Kegiatan Pembelajaranr
Materi, Sumber, Media
Waktu
Penilaian

1.       Kegiatan Sekolah

Mendengarkan/Nyemak

Mendengarkan cerita tentang tokoh-tokoh wayang
Menceritakan sifat-sifat tokoh sastria dalam wayang
·        Siswa mendengarkan cerita pewayangan “Raden Werkudara” yang dibacakan guru
·        Siswa menyebutkan sifat-sifat tokoh dalam bacaan tersebut
Teks  cerita
Buku Remen Basa Jawa hal 2-3
4 jam pelajaran
Tes tertulis
Tes perbuatan

Berbicara/Micara

Mengajukan dan menjawab pertanyaan
Mengajukan dan menjawab pertanyaan sesuai dengan konteks bacaan secara lisan
·        Siswa membentuk kelompok sesuai dengan naskah drama
·        Siswa berlatih memerankan tokoh dalam naskah drama
·        Antar kelompok, siswa mengajukan pertanyaan dan saling menjawab
Teks drama
Buku Remen Basa Jawa hal 3-4
Tes perbuatan

Membaca/Maca

Membaca pemahaman
membaca huruf jawa
Menjawab pertanyaan bacaan

Membaca huruf jawa dengan menggunakan sandhangan sederhana
·        Siswa berlatih membaca huruf jawa dengan bimbingan guru
·        Siswa terlibat aktif dalam diskusi tentang cara membaca huruf Jawa
·        Secara berpasangan, siswa berlatih membaca huruf Jawa. Jika ada hal-hal yang belum jelas, dikomunikasikan dengan guru
·        Menjawab pertanyaan dalam bacaan
huruf Jawa
Buku Remen Basa Jawa hal 5-7
Buku, kartu huruf


Tes tertulis
Tes perbuatan

Menulis/Nulis

Menulis dialog/percakapan
Melengkapi percakapan yang belum selesai sesuai dengan isinya
·        Siswa membentuk kelompok dan setiap kelompok berdiskusi menyelesaikan teks drama
·        Siswa mennyimpulkan isinya dengan bimbingan guru.
Teks  percakapan
Buku Remen Basa Jawa hal 7-9
4 jam pelajaran
Tes tertulis
Tes perbuatan

Apresiasi Sastra

Mengapresiasi tembang macapat
Menyimpulakan isi tembang
Menembangkan tembang macapat
·        Siswa mencermati tembang macapat “Murid Tumemen” dengan bimbingan guru
·        Siswa berlatih menyanyikan tembang macapat dengan bimbingan guru
·        Siswa terlibat aktif dalam diskusi yang membahas isi tembang macapat Durma
Tembang macapat
Buku Remen Basa Jawa hal 9-11
Buku, chart
Tes perbuatan
Tes Gladhi Kompetensi hal 11-14

2. Paseduluran

Mendengarkan/Nyemak

Melakukan pembacaan geguritan
Menjelaskan isi geguritan


·        Siswa mendengarkan geguritan “sedulur” yang dibaca guru
·        Siswa menjelaskan isi geguritan secara bersama-sama
Teks  geguritan
Buku Remen Basa Jawa hal 16-18
Buku
Teks  drama

4 jam pelajaran
Tes lisan
Tes perbuatan

Berbicara/Micara

Mengungkap kesan yang paling menarik dari cerita drama geguritan
Menceritakan isi cerita drama, geguritan                   
·        Siswa dibagi kelompok sesuai dengan drama
·        Setiap kelompok secara bergantian memerankan drama dan menyimpukan isi dari drama tersebut. Sementara siswa lain memberi tanggapan yang dilontarkan teman.

Membaca/Maca

Membaca cepat

Menjawab pertanyaan bacaan

Menyimpulkan isi bacaan


·        Secara bergiliran, siswa berlatih membaca bersuara “sahabat Pena” dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat.
·        Siswa menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru
·        Siswa secara bersama-sama menyimpulkan isi bacaan tersebut
Teks bacaan
Buku Remen Basa Jawa hal 19-21
Buku, kartu huruf
4  jam pelajaran
Tes tertulis
Tes perbuatan
Tes Gladhi Kompetensi hal 24-26

Menulis/Nulis

Menulis surat
Menulis surat ijin tidak masuk sekolah dengan memperhatikan bagian-bagian surat serta ejaan yang benar
·        Siswa berlatih membuat surat dengan memperhatikan bagian-bagian surat di bantu oleh guru
·        Siswa menanyakan kesulitan-kesulitan dan dipecahkan secara bersama-sama
Teks  surat pribadi
Buku Remen Basa Jawa hal 21-23
Buku

Apresasi Sastra

Mengapreasi tembang macapat
Menembang isi tembang macapat
Menanggapi isi tembang macapat
·        Siswa dibagi dalam kelompok kecil, setiap kelompok diwakili satu menyanyikan macapat “Pocung”
·        Siswa berlatih menanggapi dari tembang macapat tersebut
Teks  macapat
Buku Remen Basa Jawa hal 23
Buku

3.       Unggah-Ungguh

Membaca/Maca

Mendengarkan cerita teman tentang pengalaman
Menulis ringkasan ceritan   
Menceritakan kembali isi cerita dengan kata-kata sendiri
·       Mendengarkan cerita dari guru “Dikira abot”.
·       Berlatih menceritakan kembali bacaan yang dibacakan oleh guru, secara individual
Teks  cerita
Buku Remen Basa Jawa hal 28-29
Buku, kartu huruf
4  jam pelajaran
Tes tertulis
Tes perbuatan

Berbicara/Micara

Bercerita atau menjelaskan pengalaman yang menarik
Menceritakan penglaman pribadi
·       Secara bergantian siswa menceritakan pengalaman yang paling menarik.
·       Siswa diminta memberikan tanggapan dari cerita yang dibaca temannya.
Cerita Pengalaman
Buku Remen Basa Jawa hal 29-30
Buku, lingkungan
Tes tertulis
Tes perbuatan

Membaca/Maca

Membaca cepat

Membaca huruf jawa
Menyimpulkan isi bacaan

Membaca huruf jawa dengan sandhangan
·       Membaca bacaan “JMP Diancam Bom” secara bersama-sama
·       Secara individual siswa menyimpulkan isi bacaan tersebut.
·       Membaca huruf jawa dengan menggunakan sandangan di bimbing oleh guru
Teks cerita
Buku Remen Basa Jawa hal 30-33
Buku
Tes tertulis
Tes perbuatan

Menulis/Nulis

Menulis dialog atau percakapan
Mengubah dialog menjadi narasi dengan bahasa sendiri

·         Membaca dialog yang sudah disediakan guru
·         Mengubah dialog menjadi narasi dengan menggunakan bahasa ngoko atau krama
Teks percakapan atau  dialog
Buku Remen Basa Jawa hal 33-36
Buku, chart
cerita rakyat

4  jam pelajaran
Tes tertulis
Tes perbuatan
Tes Gladhi Kompetensi hal 36-38

Apresasi Sastra

Mengapresiasi cerita rakyat atau dongeng
Menuliskan kembali isi cerita


·         Mencari sebuah cerita
·         Membuat kesimpulan dari cerita yang dibaca dengan bimbingan guru
·         Menceritakan kembali certa yang dibawa/diringkas.

4. Dadi Pramuka

Membaca/Maca

Membaca bersuara

Membaca huruf jawa
Membaca bersuara teks bacaan dengan menggunakan lafal dan intonasi yang tepat
Menjawab pertanyaan
Membaca huruf jawa dengan menggunakan sandangan sederhana
·         Secara klasikal, siswa memperhatikan bacaan yang dibacakan guru.
·         Siswa membaca kembali bacaan yang telah dibaca oleh guru dengan memperhatikan lafal dan intonasinya
·         Siswa menjawab pertanyaan
·         Siswa membaca huruf jawa yang menggunakan sandhangan.
Teks bacaan
Buku Remen Basa Jawa hal 40-43
Buku, kartu huruf
4  jam pelajaran
Tes tertulis
Tes perbuatan

Menulis/Nulis

Menulis eksposisi (menjelaskan cara membuat sesuatu).
Menulis tata cara/urutan membuat sesuatu (membuat mainan, pupuk, alat rumah tangga, dan sebagainya
·         Siswa mengamati suatu benda misalnya tempat surat dari kertas.
·         Siswa berlatih untuk membuatnya sesuai dengan langkah-langkahnya.
·         Siswa menulis tata urutan tadi dalam membuat tempat laying dari kertas dan dikumpulkan beserta tempat laying yang telah dibuat.
Teknik pemaparan 
Buku Remen Basa Jawa hal 43-44
Buku, lingkungan
Tes tertulis
Tes perbuatan

Mendengarkan/Nyimak

Mendengarkan cerita tentang pengalaman
Menyimpulkan isi cerita

Menanggapi isi cerita.
·         Setiap siswa menceritakan pengalaman yang menarik ataupun sedih.
·         Teman yang lain memberikan tanggapan dari cerita temannya dan memberikan simpulan dari cerita tadi.
Cerita pengalaman
Buku Remen Basa Jawa hal 45,  lingkungan

Tes tertulis


Berbicara/Micara

Bercerita menjelaskan pengalaman yang menarik
Menceritakan pengalaman pribadi
Menjawab pertanyaann yang diajukan secara lisan
·         Secara bergantian siswa menceritakan pengalaman pribadinya
·         Setiap siswa saling mengajukan pertanyaan dan teman yang lain menjawabnya.
Cerita pengalaman menarik
Buku Remen Basa Jawa hal 46-47, lingkungan
Tes tertulis
Tes perbuatan
Tes Gladhi Kompetensi hal 51-52

Apresasi Sastra

Menceritakan kembali isi cerita anak
Mampu membaca dan menceritakan kembali cerita anak.

·         Siswa membaca dalam hati cerita “Toni Ora Munggah kelas”.
·         Siswa menceritakan kembali dengan bahasanya sendiri.
Cerita Anak
Buku Remen Basa Jawa hal 47-50
Buku, chart, gambar

5. Budi Pekerti

Mendengarkan/Nyimak

Mendengarkan pembacaan teks karangan siswa
Menyimpulkan isi teks

Memberikan komentar atau tanggapan terhadap karangan siswa
·         Salah satu siswa membacakan sebuah karangan “Dikira Nantang”
·         Siswa menulis kata-kata sukar dalam karangan tersebut.
·         Siswa diminta memberikan komentar dari karangan yang dibacakan oleh temannya.
·         Tugas siswa membuat sebuah karangan yang paling menarik.
Karangan
Buku Remen Basa Jawa hal 54-55
Buku, chart, lingkungan
4  jam pelajaran
Tes lisan
Tes perbuatan

Berbicara/Micara

Mengungkapkan kesan yang paling menarik, cerita drama
Menceritakan isi drama
·         Siswa membaca dalam hati sebuah drama yang disediakan oleh guru
·         Siswa secara bergantian menceritakan kembali drama tersebut dan menyebutkan tokoh dan wataknya.
Drama
Buku Remen Basa Jawa hal 55-56
Buku, chart, lingkungan
Tes perbuatan

Membaca/Maca

Membaca bersuara
Membaca bersuara teks bacaan dengan menggunakan lafal dan intonasi yang tepat
Menjawab pertanyaan tentang isi bacaan
·         Siswa membaca bersama-sama “Didhawuhi Ibu Guru” dengan menggunakan lafal dan intonasi yang tepat
·         Menjawab pertanyaan secara lisan oleh guru
Teks bacaan
Buku Remen Basa Jawa hal 56-58
Buku, chart, gambart
4  jam pelajaran
Tes tertulis
Tes perbuatan

Menulis/Nulis

Menulis deskripsi keindahan alam dan sebagainya
Mendeskripsikan sesuatu secara tertulis dalam ragam tertentu
·         Siswa melakukan pengamatan terhadap benda ataupun alam sekitar
·         Siswa berlatih mendeskripsikan apa yang telah dia amati.
Pengamatan
Buku Remen Basa Jawa hal 58-59
Buku, gambar, lingkungan
Tes perbuatan

Apresasi sastra

Mengapresiasikan cerita rakyat atau dongeng
Membuat ringkasan cerita rakyat (dongeng)
·         Guru membacakan sebuag cerita “Jaka Kendhil”
·         Siswa meringkas dari cerita tadi dan membacakan satu persatu kedepan kelas.
·         Siswa disuruh membuat cerita daerah/cerita rakyat.
Dongeng
Buku Remen Basa Jawa hal 60-64
Buku, koran, majalah
Tes tertulis
Tes Gladhi Kompetensi hal 65-68

6. Hidup Rukun

Mendengarkan/Nyimak

Mendengarkan cerita tentang tokoh-tokoh wayang
Menceritakan sifat-sifat tokoh sastria dalam pewayangan
Menjelaskan sifat tokoh-tokoh dengan bahasa sendiri
·         Siswa mendengarkan cerita “Raden Arjuna” yang telah dibacakan guru.
·         Siswa menceritakan sifat-sifat tokoh satria dalam pewayangan dan menjelaskanya dengan menggunakan bahasa ngoko atau krama.
Pewayangan
Buku Remen Basa Jawa hal 70-71
Buku, gambar
4  jam pelajaran
Tes tertulis
Tes perbuatan

Berbicara/Micara

Mengungkap kesan yang paling menarik dari cerita drama geguritan
Menceritakan isi cerita drama, geguritan
·         Siswa dibagi dalam kelompok, yaitu kelompok geguritan dan drama.
·         Setiap kelompok memerankan dengan ekspresi sesuai dengan teksnya.
·         Secara individu siswa menceritakan kembali dengan menggunakan bahasa sendiri yaitu geguritan dan drama.
Geguritan dan drama
Buku Remen Basa Jawa hal 72-73
Buku, chart, lingkungan
Tes tertulis


Membaca/Maca

Membaca huruf jawa
Membaca huruf jawa dengan sandangan/pasangan sederhana 
·         Secara bergantian siswa membaca huruf jawa dengan sandhangan dibimbing oleh guru.
·         Siswa membaca apa yang ditulis oleh guru secara bersama-sama
Teks bacaan jawa
Buku Remen Basa Jawa hal 74
Tes tertulis
Tes perbuatan

Menulis/Nulis

Menulis deskripsi keindahan alam dan sebagainya
Mendeskripsikan sesuatu secara tertulis dalam ragam tertentu
·         Siswa melakukan pengamatan lingkungan sekitar, seperti pegunungan,kebun dll
·         Secara lisan siswa mendeskripsikan apa yang dia lihat.
·         Guru menyediakan gambar dan siswa berlatih untuk mendeskripsikan gambar tersebut.
Pengamatan
Buku Remen Basa Jawa hal 75-76
Buku, gambar
2 jam pelajaran
Tes tertulis
Tes perbuatan

Apresasi sastra

Mengapresiasi susastra jawa (cerita wayang)
Menceritakan watak tokoh wayang dalam cerita wayang

Memerankan wayang

·         Guru membacakan sebuah cerita “Raden Werkudara”
·         Siswa menceritakan watak tokoh dalam cerita yang dibacakan guru.
·         Siswa memerankan wayang sesuai dengan wataknya masing-masing dan yang lainnya memebrikan tanggapan.
Cerita wayang
Buku Remen Basa Jawa hal 76-79
Buku, gambar
Tes tertulis
Tes perbuatan
Tes Gladhi Kompetensi hal 79-82

7. Suka dan Duka












Mendengarkan/Nyemak

Mendengarkan pembacaan geguritan
Menjelaskan isi geguritan
·         Salah satu siswa membaca geguritan “Sawindunan”
·         Secara berkelompok siswa berdiskusi untuk menjelaskan isi dari geguritan tersebut.
Geguritan
Buku Remen Basa Jawa hal 84-88
Buku
Teks bacaan
Buku Geguritan , chart
2 jam
pelajaran
Tes tertulis


Berbicara/Micara

Mengajukan dan menjawab pertanyaan
Mengajukan dan menjawab pertanyaan sesuai dengan konteks bacaan secara lisan
·         Siswa dibagi dalam kelompok, setiap kelompok membaca teks ‘ Sop Sialan”
·         Secara bergantian saling memberikan pertanyaan dan kelompok yang lain menjawab.
Tes tertulis
Tes perbuatan

Membaca/Maca

Membaca indah
Membacakan geguritan dengan lafal dan intonasi yang tepat
·         Siswa membaca dengan indah geguritan “ Puspa saking Keng Putra” dengan lafal dan intonasi yang tepat, secara bergantian
Tes tertulis


Menulis/Nulis

Menulis dialog atau percakapan
Mengubah percakapan dalam narasi dengan bahasa sendiri
·         Siswa memperagakan sebuah dialog.
·         Siswa  mengubah percakapan atau dialog menjadi sebuah narasi.
·         Siswa diberi tugas untuk mencari di Koran atau majalah sebuah percakapan kemudian mengubah menjadi narasi dan menyebutkan watak tokoh dalam percakapan yang dia dapat.
Dialog
Buku Remen Basa Jawa hal 88-89
Buku, majalah, koran
Cerita anak
Buku Remen Basa Jawa hal 89-90
Buku, lingkungan
4 jam pelajaran
Tes tertulis
Tes perbuatan
Tes Gladhi Kompetensi hal 91-92

Apresasi Sastra

Mengapresiasi cerita anak
Menuliskan amanat yang terkandung dalam cerita anak
·         Siswa memperhatikan cerita anak “Ukuman Kanggo arum”
·         Siswa menuliskan amanat dalam cerita anak tersebut dan menyampaikannya kedepan kelas.

8. Bercocok Tanam

Mendengarkan/Nyemak

Mengapresiasikan tembang macapat
Menembang tembang macapat
·         Siswa berlatih menembag macapat “Mijil”
·         Secara bergantian siswa menyanyikan mijil kedepan kelas.
Macapat
Buku Remen Basa Jawa hal 94  Buku
4  jam pelajaran
Tes tertulis
Tes perbuatan

Berbicara/Micara

Mengajukan dan menjawab pertanyaan
Mengajukan dan menjawab pertanyaan sesuai dengan konteks bacaan secara lisan
·         Siswa mendengarkan sebuah cerita “ Ajar Macul” yang dibacakan oleh guru.
·         Secara berkelompok saling mengajukan pertanyaan dan saling menjawabnya.
Teks bacaann
Buku Remen Basa Jawa hal 95-96, lingkungan
Tes tertulis
Tes perbuatan

Membaca/Maca

Membaca huruf jawa
Membaca huruf jawa dengan sandangan dan pasangan sederhana
Menceritakan isi geguritan
·         Siswa berlatih membaca huruf jawa dengan menggunakan sandangan dan pasangan, dibimbing oleh guru.
·         Secara bersama-sama siswa menyanyikan Gefguritan “Reroncene Kadang Tani”
·         Siswa secara individual menceritakan isi geguritan dengan bahasa ngoko ataupun krama
Huruf jawa
Buku Remen Basa Jawa hal 96-98
Buku, kartu huruf
Tes tertulis
Tes perbuatan

Menulis/Nulis

Mendeskripsikan keindahan alam dan sebagainya
Mendeskripsikan sesuatu secara tertulis dalam ragam tertentu
·         Siswa melakukan pengamatan disekitar rumah ataupun disekolahan, kemudian menuliskannya dan membacaan didepan kelas.
·         Siswa mendeskrisikan gambar yang di perlihatkan oleh guru secara lisan.
pengamatan
Buku Remen Basa Jawa hal 98-99
Buku, chart, gambar
2 jam pelajaran
Tes tertulis


Apresasi sastra

Menyanyikan tembang macapat
Menembangkan tembang macapat
·         Siswa menyanyikan macapat “gambuh” secara bersama-sama di bimbing oleh guru.
·         Secara bergantian sswa setiap kelompok untuk menyanyikan “gambuh” dengan lafal dan intonasi yang tepat.
Tembang macapat
Buku Remen Basa Jawa hal 99-100
Buku, chart, gambar
Tes tertulis
Tes Gladhi Kompetensi hal 100-102


9. Sopan santun

Mendengarkan

Mendengarkan cerita tentang lingkungan budaya
Menulis pokok cerita tiap paragraph
Menulis hal-hal yang menarik
Menceritakan kembali isi bacaan atau cerita yang didengarkan dengan menggunakan bahasa ragam tertentu.
·         Sebelum pelajaran siswa menyebutkan budaya apa saja yang kita miliki.
·         Guru  membacakan sebuah bacaan “Melu Sanggar Beksan”
·         Secara berpasangan siswa menulis pokok cerita tiap paragraph dan hal-hal yang menarik.
·         Secara individu siswa menceritakan kembali dari  isi bacaan yang telah ia dengar dengn menggunakan bahasa ragam tertentu.
Cerita lingkungan budaya
Buku Remen Basa Jawa hal 104-105
Buku, chart, lingkungan
4 jam pelajaran
Tes tertulis


Berbicara/Micara

Bercerita atau menjelaskan pengalaman yang menarik
Menceritakan pengalaman pribadi
Menjawab pertanyaan yang diajukan secara lisan
·         Secara bergantian siswa menceritakan pengalaman pribadi yang plaing menarik.
·         Siswa yang lain memberikan pertanyaan secara lisan dan menjawabnya secara lisan pula.
Pengalaman menarik
Buku Remen Basa Jawa hal 105-106
Buku, lingkungan

Tes tertulis


Membaca/Maca

Membaca teks secara intensif
Mempu memahami teks dan menyusun ringkasannya
·         Guru membacakan teks bacaan secara intensif
·         Siswa menyusun ringkasanj dan membacakannya kedepan kelas.
Teks bacaan Buku Remen Basa Jawahal 106-107 Buku, chart
Tes tertulis


Menulis/Nulis

Mendeskripsikan keindahan alam dan sebagainya
Mendeskripsikan sesuatu secara tertulis dalam ragam tertentu
·         Siswa melakukan pengamatan keindahan alam sekitar.
·         Siswa membentuk kelompok dan mendeskripsikan gambar yang diberikan oleh guru dengan menggunakan basa ngoko ataupun krama.
·         Setiap kelompok membacakan hasilnya.
Pengamatan
Buku Remen Basa Jawa hal 107-108
Buku, lingkungan alam
2 jam
pelajaran
pengamatan
Tes tertulis

Apresiasi sastra

Mengapresiasi susastra jawa
Menceritakan watak tokoh dalam cerita wayang

Mendeskripsikan tokoh
·         Salah satu dari siswa membacakan cerita pewayangan “Laire Gathutkaca”
·         Siswa dibagi dalam kelompok setiap kelompok menceritakan watak tokoh dalam cerita dan mendeskripsikannya.
Susastra jawa
Buku Remen Basa Jawa hal 108-110
Buku, chart, majalah, lingkungan
Tes tertulis
Tes perbuatan
Tes Gladhi Kompetensi hal 110-113




                                    

No comments:

Post a Comment