SILABUS
PEMBELAJARAN REMEN BASA JAWA
KELAS IV SD
Standar Kompetensi
ü
Mampu
mendengarkan dan memahami ragam wacana lisan dalam berbagai ragam bahasa (
ngoko, krama, dialek) (Mendengarkan)
ü
Mampu
memahami cerita, puisi dan drama serta dapat memberikan kesan dan dapat
mengemukakan perasaan dan gagasan untuk berbagai keperluan dalam berbagai
situasi dengan tata cara yang sopan dan santun secara lisan (Berbicara)
ü
Mampu
membaca dan memahami berbagai teks bacaan dengan berbagai teknik membaca
bersuara, membaca cepat, membaca indah, dan membaca huruf Jawa (Membaca)
ü
Mampu
menulis karangan dengan pikiran sendiri dalam berbagai ragam bahasa dan jenis
karangan sesuai kaidah bahasa (Menulis)
ü Mampu mengapresiasi susastra Jawa (Apresiasi Sastra)
|
Pelajaran
|
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
Kegiatan
Pembelajaranr
|
Materi,
Sumber, Media
|
Waktu
|
Penilaian
|
|
|
1. Kegiatan Sekolah
|
Mendengarkan/Nyemak
Mendengarkan cerita tentang
tokoh-tokoh wayang
|
Menceritakan
sifat-sifat tokoh sastria dalam wayang
|
·
Siswa
mendengarkan cerita pewayangan “Raden Werkudara” yang dibacakan guru
·
Siswa
menyebutkan sifat-sifat tokoh dalam bacaan tersebut
|
Teks cerita
Buku
Remen Basa Jawa hal 2-3
|
4 jam pelajaran
|
Tes tertulis
Tes perbuatan
|
|
Berbicara/Micara
Mengajukan dan menjawab
pertanyaan
|
Mengajukan
dan menjawab pertanyaan sesuai dengan konteks bacaan secara lisan
|
·
Siswa
membentuk kelompok sesuai dengan naskah drama
·
Siswa
berlatih memerankan tokoh dalam naskah drama
·
Antar
kelompok, siswa mengajukan pertanyaan dan saling menjawab
|
Teks drama
Buku Remen Basa Jawa hal 3-4
|
Tes perbuatan
|
|||
Membaca/Maca
Membaca pemahaman
membaca huruf jawa
|
Menjawab pertanyaan bacaan
Membaca huruf jawa dengan
menggunakan sandhangan sederhana
|
·
Siswa
berlatih membaca huruf jawa dengan bimbingan guru
·
Siswa
terlibat aktif dalam diskusi tentang cara membaca huruf Jawa
·
Secara
berpasangan, siswa berlatih membaca huruf Jawa. Jika ada hal-hal yang belum
jelas, dikomunikasikan dengan guru
·
Menjawab
pertanyaan dalam bacaan
|
huruf Jawa
Buku Remen Basa Jawa hal 5-7
Buku, kartu huruf
|
Tes tertulis
Tes perbuatan
|
|||
Menulis/Nulis
Menulis dialog/percakapan
|
Melengkapi percakapan yang
belum selesai sesuai dengan isinya
|
·
Siswa
membentuk kelompok dan setiap kelompok berdiskusi menyelesaikan teks drama
·
Siswa
mennyimpulkan isinya dengan bimbingan guru.
|
Teks percakapan
Buku Remen Basa Jawa hal 7-9
|
4 jam pelajaran
|
Tes tertulis
Tes perbuatan
|
||
Apresiasi
Sastra
Mengapresiasi tembang macapat
|
Menyimpulakan isi tembang
Menembangkan tembang macapat
|
·
Siswa
mencermati tembang macapat “Murid Tumemen” dengan bimbingan guru
·
Siswa
berlatih menyanyikan tembang macapat dengan bimbingan guru
·
Siswa
terlibat aktif dalam diskusi yang membahas isi tembang macapat Durma
|
Tembang macapat
Buku Remen Basa Jawa hal 9-11
Buku, chart
|
Tes perbuatan
Tes Gladhi Kompetensi hal
11-14
|
|||
|
2. Paseduluran
|
Mendengarkan/Nyemak
Melakukan pembacaan geguritan
|
Menjelaskan isi geguritan
|
·
Siswa
mendengarkan geguritan “sedulur” yang dibaca guru
·
Siswa
menjelaskan isi geguritan secara bersama-sama
|
Teks geguritan
Buku Remen Basa Jawa hal
16-18
Buku
Teks drama
|
4
jam pelajaran
|
Tes lisan
Tes perbuatan
|
|
Berbicara/Micara
Mengungkap kesan yang paling
menarik dari cerita drama geguritan
|
Menceritakan isi cerita
drama, geguritan
|
·
Siswa
dibagi kelompok sesuai dengan drama
·
Setiap
kelompok secara bergantian memerankan drama dan menyimpukan isi dari drama
tersebut. Sementara siswa lain memberi tanggapan yang dilontarkan teman.
|
|||||
Membaca/Maca
Membaca cepat
|
Menjawab pertanyaan bacaan
Menyimpulkan isi bacaan
|
·
Secara
bergiliran, siswa berlatih membaca bersuara “sahabat Pena” dengan lafal,
intonasi, dan ekspresi yang tepat.
·
Siswa
menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru
·
Siswa
secara bersama-sama menyimpulkan isi bacaan tersebut
|
Teks bacaan
Buku Remen Basa Jawa hal
19-21
Buku, kartu huruf
|
4 jam pelajaran
|
Tes tertulis
Tes perbuatan
Tes Gladhi Kompetensi hal
24-26
|
||
Menulis/Nulis
Menulis
|
Menulis
|
·
Siswa
berlatih membuat
·
Siswa
menanyakan kesulitan-kesulitan dan dipecahkan secara bersama-sama
|
Teks
Buku Remen Basa Jawa hal
21-23
Buku
|
||||
Apresasi
Sastra
Mengapreasi tembang macapat
|
Menembang isi tembang macapat
Menanggapi isi tembang
macapat
|
·
Siswa
dibagi dalam kelompok kecil, setiap kelompok diwakili satu menyanyikan
macapat “Pocung”
·
Siswa
berlatih menanggapi dari tembang macapat tersebut
|
Teks macapat
Buku Remen Basa Jawa hal 23
Buku
|
||||
|
3. Unggah-Ungguh
|
Membaca/Maca
Mendengarkan cerita teman
tentang pengalaman
|
Menulis ringkasan
ceritan
Menceritakan kembali isi
cerita dengan kata-kata sendiri
|
·
Mendengarkan cerita dari guru “Dikira abot”.
· Berlatih menceritakan kembali bacaan yang
dibacakan oleh guru, secara individual
|
Teks cerita
Buku Remen Basa Jawa hal
28-29
Buku, kartu huruf
|
4 jam pelajaran
|
Tes tertulis
Tes perbuatan
|
|
Berbicara/Micara
Bercerita atau menjelaskan
pengalaman yang menarik
|
Menceritakan penglaman
pribadi
|
·
Secara
bergantian siswa menceritakan pengalaman yang paling menarik.
·
Siswa
diminta memberikan tanggapan dari cerita yang dibaca temannya.
|
Cerita Pengalaman
Buku Remen Basa Jawa hal
29-30
Buku, lingkungan
|
Tes tertulis
Tes perbuatan
|
|||
Membaca/Maca
Membaca cepat
Membaca huruf jawa
|
Menyimpulkan isi bacaan
Membaca huruf jawa dengan
sandhangan
|
·
Membaca bacaan “JMP Diancam Bom” secara bersama-sama
·
Secara individual
siswa menyimpulkan isi bacaan tersebut.
·
Membaca
huruf jawa dengan menggunakan sandangan di bimbing oleh guru
|
Teks cerita
Buku Remen Basa Jawa hal 30-33
Buku
|
Tes tertulis
Tes perbuatan
|
|||
Menulis/Nulis
Menulis dialog atau
percakapan
|
Mengubah dialog menjadi
narasi dengan bahasa sendiri
|
·
Membaca
dialog yang sudah disediakan guru
·
Mengubah dialog menjadi narasi dengan menggunakan bahasa ngoko atau
krama
|
Teks percakapan atau dialog
Buku Remen Basa Jawa hal
33-36
Buku, chart
cerita rakyat
|
4 jam pelajaran
|
Tes tertulis
Tes perbuatan
Tes Gladhi Kompetensi hal
36-38
|
||
Apresasi
Sastra
Mengapresiasi cerita rakyat
atau dongeng
|
Menuliskan kembali isi cerita
|
·
Mencari
sebuah cerita
·
Membuat kesimpulan
dari cerita yang dibaca dengan bimbingan guru
·
Menceritakan kembali certa yang dibawa/diringkas.
|
|||||
|
4. Dadi Pramuka
|
Membaca/Maca
Membaca bersuara
Membaca huruf jawa
|
Membaca bersuara teks bacaan
dengan menggunakan lafal dan intonasi yang tepat
Menjawab pertanyaan
Membaca huruf jawa dengan
menggunakan sandangan sederhana
|
·
Secara
klasikal, siswa memperhatikan bacaan yang dibacakan guru.
·
Siswa
membaca kembali bacaan yang telah dibaca oleh guru dengan memperhatikan lafal
dan intonasinya
·
Siswa
menjawab pertanyaan
·
Siswa
membaca huruf jawa yang menggunakan sandhangan.
|
Teks bacaan
Buku Remen Basa Jawa hal
40-43
Buku, kartu huruf
|
4 jam pelajaran
|
Tes tertulis
Tes perbuatan
|
|
Menulis/Nulis
Menulis eksposisi
(menjelaskan cara membuat sesuatu).
|
Menulis tata cara/urutan
membuat sesuatu (membuat mainan, pupuk, alat rumah tangga, dan sebagainya
|
·
Siswa
mengamati suatu benda misalnya tempat
·
Siswa
berlatih untuk membuatnya sesuai dengan langkah-langkahnya.
·
Siswa
menulis tata urutan tadi dalam membuat tempat laying dari kertas dan
dikumpulkan beserta tempat laying yang telah dibuat.
|
Teknik pemaparan
Buku Remen Basa Jawa hal
43-44
Buku, lingkungan
|
Tes tertulis
Tes perbuatan
|
|||
Mendengarkan/Nyimak
Mendengarkan cerita tentang pengalaman
|
Menyimpulkan
isi cerita
Menanggapi
isi cerita.
|
·
Setiap
siswa menceritakan pengalaman yang menarik ataupun sedih.
·
Teman yang
lain memberikan tanggapan dari cerita temannya dan memberikan simpulan dari
cerita tadi.
|
Cerita pengalaman
Buku Remen Basa Jawa hal 45, lingkungan
|
|
Tes tertulis
|
||
Berbicara/Micara
Bercerita menjelaskan
pengalaman yang menarik
|
Menceritakan pengalaman
pribadi
Menjawab pertanyaann yang
diajukan secara lisan
|
·
Secara
bergantian siswa menceritakan pengalaman pribadinya
·
Setiap siswa
saling mengajukan pertanyaan dan teman yang lain menjawabnya.
|
Cerita
pengalaman menarik
Buku
Remen Basa Jawa hal 46-47, lingkungan
|
Tes tertulis
Tes perbuatan
Tes Gladhi Kompetensi hal
51-52
|
|||
Apresasi
Sastra
Menceritakan kembali isi
cerita anak
|
Mampu membaca dan
menceritakan kembali cerita anak.
|
·
Siswa
membaca dalam hati cerita “Toni Ora Munggah kelas”.
·
Siswa
menceritakan kembali dengan bahasanya sendiri.
|
Cerita Anak
Buku Remen Basa Jawa hal
47-50
Buku, chart, gambar
|
||||
|
5. Budi Pekerti
|
Mendengarkan/Nyimak
Mendengarkan pembacaan teks
karangan siswa
|
Menyimpulkan isi teks
Memberikan komentar atau
tanggapan terhadap karangan siswa
|
·
Salah satu
siswa membacakan sebuah karangan “Dikira Nantang”
·
Siswa
menulis kata-kata sukar dalam karangan tersebut.
·
Siswa
diminta memberikan komentar dari karangan yang dibacakan oleh temannya.
·
Tugas
siswa membuat sebuah karangan yang paling menarik.
|
Karangan
Buku Remen Basa Jawa hal
54-55
Buku, chart, lingkungan
|
4 jam pelajaran
|
Tes lisan
Tes perbuatan
|
|
Berbicara/Micara
Mengungkapkan kesan yang
paling menarik, cerita drama
|
Menceritakan isi drama
|
·
Siswa
membaca dalam hati sebuah drama yang disediakan oleh guru
·
Siswa
secara bergantian menceritakan kembali drama tersebut dan menyebutkan tokoh
dan wataknya.
|
Drama
Buku Remen Basa Jawa hal
55-56
Buku, chart, lingkungan
|
Tes perbuatan
|
|||
Membaca/Maca
Membaca bersuara
|
Membaca bersuara teks bacaan
dengan menggunakan lafal dan intonasi yang tepat
Menjawab pertanyaan tentang
isi bacaan
|
·
Siswa
membaca bersama-sama “Didhawuhi Ibu Guru” dengan menggunakan lafal dan
intonasi yang tepat
·
Menjawab
pertanyaan secara lisan oleh guru
|
Teks bacaan
Buku Remen Basa Jawa hal
56-58
Buku, chart, gambart
|
4 jam pelajaran
|
Tes tertulis
Tes perbuatan
|
||
Menulis/Nulis
Menulis deskripsi keindahan
alam dan sebagainya
|
Mendeskripsikan sesuatu
secara tertulis dalam ragam tertentu
|
·
Siswa
melakukan pengamatan terhadap benda ataupun alam sekitar
·
Siswa
berlatih mendeskripsikan apa yang telah dia amati.
|
Pengamatan
Buku Remen Basa Jawa hal
58-59
Buku, gambar, lingkungan
|
Tes perbuatan
|
|||
Apresasi
sastra
Mengapresiasikan cerita
rakyat atau dongeng
|
Membuat ringkasan cerita
rakyat (dongeng)
|
·
Guru
membacakan sebuag cerita “Jaka Kendhil”
·
Siswa
meringkas dari cerita tadi dan membacakan satu persatu kedepan kelas.
·
Siswa
disuruh membuat cerita daerah/cerita rakyat.
|
Dongeng
Buku Remen Basa Jawa hal
60-64
Buku, koran, majalah
|
Tes tertulis
Tes Gladhi Kompetensi hal
65-68
|
|||
|
6. Hidup Rukun
|
Mendengarkan/Nyimak
Mendengarkan cerita tentang
tokoh-tokoh wayang
|
Menceritakan sifat-sifat
tokoh sastria dalam pewayangan
Menjelaskan sifat tokoh-tokoh
dengan bahasa sendiri
|
·
Siswa
mendengarkan cerita “Raden Arjuna” yang telah dibacakan guru.
·
Siswa
menceritakan sifat-sifat tokoh satria dalam pewayangan dan menjelaskanya
dengan menggunakan bahasa ngoko atau krama.
|
Pewayangan
Buku Remen Basa Jawa hal
70-71
Buku, gambar
|
4 jam pelajaran
|
Tes tertulis
Tes perbuatan
|
|
Berbicara/Micara
Mengungkap kesan yang paling
menarik dari cerita drama geguritan
|
Menceritakan isi cerita
drama, geguritan
|
·
Siswa
dibagi dalam kelompok, yaitu kelompok geguritan dan drama.
·
Setiap
kelompok memerankan dengan ekspresi sesuai dengan teksnya.
·
Secara
individu siswa menceritakan kembali dengan menggunakan bahasa sendiri yaitu
geguritan dan drama.
|
Geguritan dan drama
Buku Remen Basa Jawa hal 72-73
Buku, chart, lingkungan
|
Tes tertulis
|
|||
Membaca/Maca
Membaca huruf jawa
|
Membaca huruf jawa dengan
sandangan/pasangan sederhana
|
·
Secara
bergantian siswa membaca huruf jawa dengan sandhangan dibimbing oleh guru.
·
Siswa
membaca apa yang ditulis oleh guru secara bersama-sama
|
Teks bacaan jawa
Buku Remen Basa Jawa hal 74
|
Tes tertulis
Tes perbuatan
|
|||
Menulis/Nulis
Menulis deskripsi keindahan
alam dan sebagainya
|
Mendeskripsikan sesuatu
secara tertulis dalam ragam tertentu
|
·
Siswa
melakukan pengamatan lingkungan sekitar, seperti pegunungan,kebun dll
·
Secara
lisan siswa mendeskripsikan apa yang dia lihat.
·
Guru
menyediakan gambar dan siswa berlatih untuk mendeskripsikan gambar tersebut.
|
Pengamatan
Buku Remen Basa Jawa hal
75-76
Buku, gambar
|
2 jam pelajaran
|
Tes tertulis
Tes perbuatan
|
||
Apresasi
sastra
Mengapresiasi susastra jawa
(cerita wayang)
|
Menceritakan watak tokoh
wayang dalam cerita wayang
Memerankan wayang
|
·
Guru
membacakan sebuah cerita “Raden Werkudara”
·
Siswa
menceritakan watak tokoh dalam cerita yang dibacakan guru.
·
Siswa
memerankan wayang sesuai dengan wataknya masing-masing dan yang lainnya
memebrikan tanggapan.
|
Cerita wayang
Buku Remen Basa Jawa hal
76-79
Buku, gambar
|
Tes tertulis
Tes perbuatan
Tes Gladhi Kompetensi hal
79-82
|
|||
|
7. Suka dan Duka
|
Mendengarkan/Nyemak
Mendengarkan pembacaan
geguritan
|
Menjelaskan isi geguritan
|
·
Salah satu
siswa membaca geguritan “Sawindunan”
·
Secara
berkelompok siswa berdiskusi untuk menjelaskan isi dari geguritan tersebut.
|
Geguritan
Buku Remen Basa Jawa hal
84-88
Buku
Teks bacaan
Buku Geguritan , chart
|
2 jam
pelajaran
|
Tes tertulis
|
|
Berbicara/Micara
Mengajukan dan menjawab
pertanyaan
|
Mengajukan dan menjawab
pertanyaan sesuai dengan konteks bacaan secara lisan
|
·
Siswa
dibagi dalam kelompok, setiap kelompok membaca teks ‘ Sop Sialan”
·
Secara
bergantian saling memberikan pertanyaan dan kelompok yang lain menjawab.
|
Tes tertulis
Tes perbuatan
|
||||
Membaca/Maca
Membaca indah
|
Membacakan geguritan dengan
lafal dan intonasi yang tepat
|
·
Siswa
membaca dengan indah geguritan “ Puspa saking Keng Putra” dengan lafal dan
intonasi yang tepat, secara bergantian
|
Tes tertulis
|
||||
Menulis/Nulis
Menulis dialog atau
percakapan
|
Mengubah percakapan dalam
narasi dengan bahasa sendiri
|
·
Siswa
memperagakan sebuah dialog.
·
Siswa mengubah percakapan atau dialog menjadi
sebuah narasi.
·
Siswa
diberi tugas untuk mencari di Koran atau majalah sebuah percakapan kemudian
mengubah menjadi narasi dan menyebutkan watak tokoh dalam percakapan yang dia
dapat.
|
Dialog
Buku Remen Basa Jawa hal
88-89
Buku, majalah, koran
Cerita anak
Buku Remen Basa Jawa hal
89-90
Buku, lingkungan
|
4 jam pelajaran
|
Tes tertulis
Tes perbuatan
Tes Gladhi Kompetensi hal
91-92
|
||
Apresasi
Sastra
Mengapresiasi cerita anak
|
Menuliskan amanat yang
terkandung dalam cerita anak
|
·
Siswa
memperhatikan cerita anak “Ukuman Kanggo arum”
·
Siswa
menuliskan amanat dalam cerita anak tersebut dan menyampaikannya kedepan
kelas.
|
|||||
|
8. Bercocok Tanam
|
Mendengarkan/Nyemak
Mengapresiasikan tembang
macapat
|
Menembang tembang macapat
|
·
Siswa
berlatih menembag macapat “Mijil”
·
Secara
bergantian siswa menyanyikan mijil kedepan kelas.
|
Macapat
Buku Remen Basa Jawa hal
94 Buku
|
4 jam pelajaran
|
Tes tertulis
Tes perbuatan
|
|
Berbicara/Micara
Mengajukan dan menjawab
pertanyaan
|
Mengajukan dan menjawab
pertanyaan sesuai dengan konteks bacaan secara lisan
|
·
Siswa
mendengarkan sebuah cerita “ Ajar Macul” yang dibacakan oleh guru.
·
Secara
berkelompok saling mengajukan pertanyaan dan saling menjawabnya.
|
Teks bacaann
Buku Remen Basa Jawa hal
95-96, lingkungan
|
Tes tertulis
Tes perbuatan
|
|||
Membaca/Maca
Membaca huruf jawa
|
Membaca huruf jawa dengan sandangan dan
pasangan sederhana
Menceritakan isi geguritan
|
·
Siswa
berlatih membaca huruf jawa dengan menggunakan sandangan dan pasangan,
dibimbing oleh guru.
·
Secara
bersama-sama siswa menyanyikan Gefguritan “Reroncene Kadang Tani”
·
Siswa
secara individual menceritakan isi geguritan dengan bahasa ngoko ataupun
krama
|
Huruf jawa
Buku Remen Basa Jawa hal
96-98
Buku, kartu huruf
|
Tes tertulis
Tes perbuatan
|
|||
Menulis/Nulis
Mendeskripsikan keindahan
alam dan sebagainya
|
Mendeskripsikan sesuatu
secara tertulis dalam ragam tertentu
|
·
Siswa
melakukan pengamatan disekitar rumah ataupun disekolahan, kemudian
menuliskannya dan membacaan didepan kelas.
·
Siswa
mendeskrisikan gambar yang di perlihatkan oleh guru secara lisan.
|
pengamatan
Buku Remen Basa Jawa hal
98-99
Buku, chart, gambar
|
2 jam pelajaran
|
Tes tertulis
|
||
Apresasi
sastra
Menyanyikan tembang macapat
|
Menembangkan tembang macapat
|
·
Siswa
menyanyikan macapat “gambuh” secara bersama-sama di bimbing oleh guru.
·
Secara bergantian
sswa setiap kelompok untuk menyanyikan “gambuh” dengan lafal dan intonasi
yang tepat.
|
Tembang macapat
Buku Remen Basa Jawa hal
99-100
Buku, chart, gambar
|
Tes tertulis
Tes Gladhi Kompetensi hal
100-102
|
|||
|
9. Sopan santun
|
Mendengarkan
Mendengarkan cerita tentang
lingkungan budaya
|
Menulis pokok cerita tiap
paragraph
Menulis hal-hal yang menarik
Menceritakan kembali isi
bacaan atau cerita yang didengarkan dengan menggunakan bahasa ragam tertentu.
|
·
Sebelum
pelajaran siswa menyebutkan budaya apa saja yang kita miliki.
·
Guru membacakan sebuah bacaan “Melu Sanggar
Beksan”
·
Secara
berpasangan siswa menulis pokok cerita tiap paragraph dan hal-hal yang
menarik.
·
Secara
individu siswa menceritakan kembali dari
isi bacaan yang telah ia dengar dengn menggunakan bahasa ragam
tertentu.
|
Cerita lingkungan budaya
Buku Remen Basa Jawa hal
104-105
Buku, chart, lingkungan
|
4 jam pelajaran
|
Tes tertulis
|
|
Berbicara/Micara
Bercerita atau menjelaskan
pengalaman yang menarik
|
Menceritakan pengalaman
pribadi
Menjawab pertanyaan yang
diajukan secara lisan
|
·
Secara
bergantian siswa menceritakan pengalaman pribadi yang plaing menarik.
·
Siswa yang
lain memberikan pertanyaan secara lisan dan menjawabnya secara lisan pula.
|
Pengalaman menarik
Buku Remen Basa Jawa hal
105-106
Buku, lingkungan
|
Tes tertulis
|
|||
Membaca/Maca
Membaca teks secara intensif
|
Mempu memahami teks dan
menyusun ringkasannya
|
·
Guru
membacakan teks bacaan secara intensif
·
Siswa
menyusun ringkasanj dan membacakannya kedepan kelas.
|
Teks bacaan Buku Remen Basa Jawahal 106-107 Buku,
chart
|
Tes tertulis
|
|||
Menulis/Nulis
Mendeskripsikan keindahan
alam dan sebagainya
|
Mendeskripsikan sesuatu
secara tertulis dalam ragam tertentu
|
·
Siswa
melakukan pengamatan keindahan alam sekitar.
·
Siswa
membentuk kelompok dan mendeskripsikan gambar yang diberikan oleh guru dengan
menggunakan basa ngoko ataupun krama.
·
Setiap
kelompok membacakan hasilnya.
|
Pengamatan
Buku Remen Basa Jawa hal
107-108
Buku,
lingkungan alam
|
2 jam
pelajaran
|
pengamatan
Tes tertulis
|
||
Apresiasi
sastra
Mengapresiasi susastra jawa
|
Menceritakan watak tokoh
dalam cerita wayang
Mendeskripsikan tokoh
|
·
Salah satu
dari siswa membacakan cerita pewayangan “Laire Gathutkaca”
·
Siswa
dibagi dalam kelompok setiap kelompok menceritakan watak tokoh dalam cerita
dan mendeskripsikannya.
|
Susastra jawa
Buku Remen Basa Jawa hal
108-110
Buku, chart, majalah,
lingkungan
|
Tes tertulis
Tes perbuatan
Tes Gladhi Kompetensi hal
110-113
|
No comments:
Post a Comment