RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
I.
Pendahuluan
Dalam rangka
mengimplementasikan pogram pembelajaran yang sudah dituangkan di dalam silabus,
guru harus menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). RPP merupakan
pegangan bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran baik di kelas, laboratorium,
dan/atau lapangan untuk setiap Kompetensi dasar. Oleh karena itu, apa yang
tertuang di dalam RPP memuat hal-hal yang langsung berkait dengan aktivitas
pembelajaran dalam upaya pencapaian penguasaan suatu Kompetensi Dasar.
Dalam menyusun RPP guru harus mencantumkan Standar Kompetensi yang
memayungi Kompetensi Dasar yang akan
disusun dalam RPP-nya. Di dalam RPP secara rinci harus dimuat Tujuan Pembelajaran,Materi
Pembelajaran, Metode Pembelajaran, Langkah-langkah
Kegiatan pembelajaran, Sumber Belajar, dan Penilaian
II. Langkah-langkah Penyusunan
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Mencantumkan identitas
·
Nama
sekolah
·
Mata
Pelajaran
·
Kelas/Semester
·
Alokasi
Waktu
Catatan:
Ø
RPP disusun untuk satu
Kompetensi Dasar.
Ø
Standar Kompetensi, Kompetensi
Dasar, dan Indikator dikutip dari silabus yang disusun oleh satuan pendidikan
Ø
Alokasi
waktu diperhitungkan untuk pencapaian satu kompetensi dasar yang bersangkutan,
yang dinyatakan dalam jam pelajaran dan banyaknya pertemuan. Oleh karena itu,
waktu untuk mencapai suatu kompetensi dasar dapat diperhitungkan dalam satu atau beberapa kali pertemuan bergantung
pada karakteristik kompetensi dasarnya.
A.Standar Kompetensi
Standar Kompetensi adalah kualifikasi kemampuan peserta didik yang
menggambarkan penguasaan pengetahuan, sikap, dan keterampilan yang diharapkan
dicapai pada mata pelajaran tertentu. Standar kompetensi diambil dari Standar Isi (Standar Kompetensi dan
Kompetensi Dasar). Sebelum menuliskan Standar Kompetensi, penyusun terlebih
dahulu mengkaji Standar Isi mata pelajaran dengan memperhatikan hal-hal berikut
:
a. urutan berdasarkan hierarki konsep
disiplin ilmu dan/atau SK dan KD
b. keterkaitan antar standar kompetensi dan
kompetensi dasar dalam mata pelajaran
c. keterkaitan standar kompetensi dan
kompetensi dasar antar mata pelajaran.
B. Kompetensi Dasar
Kompetensi Dasar merupakan sejumlah kemampuan minimal yang harus
dimiliki peserta didik dalam rangka menguasai SK mata pelajaran tertentu.
Kompetensi Dasar dipilih dari yang tercantum dalam Standar Isi. Sebelum
menentukan atau memilih Kompetensi Dasar, penyusun terlebih dahulu mengkaji
standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran dengan memperhatikan
hal-hal sebagai berikut :
a.
Urutan berdasarkan hierarki
konsep disiplin ilmu dan/atau tingkat kesulitan Kompetensi Dasar
b. Keterkaitan antar standar kompetensi dan
kompetensi dasar dalam mata pelajaran
c.
Keterkaitan
standar kompetensi dan kompetensi dasar antar mata pelajaran
C.Tujuan
Pembelajaran
Tujuan Pembelajaran
berisi penguasaan kompetensi yang
operasional yang ditargetkan/dicapai dalam rencana pelaksanaan pembelajaran.
Tujuan pembelajaran dirumuskan dalam bentuk pernyataan yang operasional dari
kompetensi dasar. Apabila rumusan kompetensi dasar sudah operasional, rumusan
tersebutlah yang dijadikan dasar dalam merumuskan tujuan pembelajaran. Tujuan
pembelajaran dapat terdiri atas sebuah tujuan atau beberapa tujuan.
D.
Materi Pembelajaran
Materi pembelajaran
adalah materi yang digunakan
untuk mencapai tujuan pembelajaran. Materi pembelajaran dikembangkan dengan
mengacu pada materi pokok yang ada dalam silabus.
E.
Metode Pembelajaran/Model Pembelajaran
Metode dapat diartikan benar-benar sebagai metode, tetapi dapat pula
diartikan sebagai model atau pendekatan pembelajaran, bergantung pada
karakteristik pendekatan dan/atau strategi yang dipilih.
F.
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Untuk mencapai suatu kompetensi dasar dalam kegiatan pembelajaran
harus dicantumkan langkah-langkah kegiatan dalam setiap pertemuan. Pada
dasarnya, langkah-langkah kegiatan memuat unsur kegiatan :
a. Pendahuluan
Pendahuluan merupakan
kegiatan awal dalam suatu pertemuan pembelajaran yang ditujukan untuk
membangkitkan motivasi dan memfokuskan perhatian peserta didik untuk
berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran.
b. Inti
Kegiatan inti merupakan
proses pembelajaran untuk mencapai KD. Kegiatan pembelajaran dilakukan secara
interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik
untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa,
kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik
serta psikologis peserta didik. Kegiatan ini dilakukan secara sistematis dan
sistemik melalui proses eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi.
c. Penutup
Penutup merupakan
kegiatan yang dilakukan untuk mengakhiri aktivitas pembelajaran yang dapat
dilakukan dalam bentuk rangkuman atau kesimpulan, penilaian dan refleksi, umpan
balik, dan tindak lanjut.
G.
Sumber Belajar
Pemilihan sumber belajar
mengacu pada perumusan yang ada dalam silabus yang dikembangkan oleh satuan
pendidikan. Sumber belajar mencakup
sumber rujukan, lingkungan, media, narasumber, alat, dan bahan. Sumber belajar
dituliskan secara lebih operasional. Misalnya,
sumber belajar dalam silabus dituliskan buku referens, dalam RPP harus
dicantumkan judul buku teks tersebut, pengarang, dan halaman yang diacu.
H.
Penilaian
Penilaian dijabarkan atas teknik penilaian, bentuk instrumen, dan
instrumen yang dipakai untuk mengumpulkan data. Dalam sajiannya dapat
dituangkan dalam bentuk matrik horisontal atau vertikal. Apabila penilaian
menggunakan teknik tes tertulis uraian, tes unjuk kerja, dan
tugas rumah yang berupa proyek harus disertai rubrik penilaian.
III. Format Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran (RPP)
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah :
..................................
Mata Pelajaran :
...................................
Kelas/Semester :
...................................
Alokasi Waktu :
...................................
A. Standar Kompetensi
B. Kompetensi Dasar
C. Tujuan Pembelajaran:
D. Materi Pembelajaran
E. Model/Metode
Pembelajaran
F. Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
§ Kegiatan Awal :
-
-
Kegiatan Inti :
-
-
§ Kegiatan Akhir :
-
-
G.
Sumber Belajar
H. Penilaian
Penilaian
|
|||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
|
Mengetahui,
Kepala
SD/MI ………………………
(_______________________)
NIP :
|
…….……..,…………………20…….
Guru Mata Pelajaran.
(_______________________)
NIP :
|
![]() |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SD/MI : ..........................
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : I/1
Standar Kompetensi : Memahami instruksi sangat sederhana dengan
tindakan dalam konteks kelas
Kompetensi Dasar : Merespon dengan mengulang kosakata baru
dengan ucapan lantang
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit
Tujuan Pembelajaran : - Siswa dapat mengulang apa yang didengarnya
dengan suara lantang dan berani ( NK. Berani ( courage )
- Siswa dapat mengulang apa yang didengarnya
dengan pengucapan bahasa Inggris yang benar dengan penuh perhatian ( NK, Rasa hormat dan perhatian ( respect ),
Karakter siswa : Dapat dipercaya ( Trustworthines),
Rasa hormat dan perhatian ( respect ),
Tekun
( diligence ) ,
Tanggung
jawab ( responsibility ),
Berani
( courage )
Materi Ajar : Kosakata
Kosakata (Inggris: vocabulary)
adalah himpunan kata
yang diketahui oleh seseorang atau entitas lain, atau merupakan bagian dari
suatu bahasa tertentu. Kosakata seseorang
didefinisikan sebagai himpunan semua kata-kata yang dimengerti oleh orang
tersebut atau semua kata-kata yang kemungkinan akan digunakan oleh orang
tersebut untuk menyusun kalimat baru. Kekayaan
kosakata seseorang secara umum dianggap merupakan gambaran dari intelejensia
atau tingkat pendidikannya. Karenanya
banyak ujian
standar, seperti SAT,
yang memberikan pertanyaan yang menguji kosakata.
Metode Pembelajaran : - Siswa bersama-sama mengulang dengan suara
lantang kosakata-kosakata baru yang diucapkan atau didengar dari kaset/CD
- Masing-masing siswa mengulang dengan suara
lantang kosakata-kosakata baru yang diucapkan guru atau didengar dari kaset/CD
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
- Kegiatan
Pendahuluan
Apersepsi dan Motivasi :
· Guru memperlihatkan gambar besar yang
mengilustrasikan topik bab yang dibahas.
· Guru bertanya pada siswa apakah mereka
mengetahui nama-nama benda yang ada dalam gambar.
2.
Kegiatan
Inti
&
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
Siswa
diminta mendengar apa yang diucapkan guru atau didengar
dari kaset/CD dan mengulang apa yang mereka dengar secara klasikal.
& Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa mengulang apa yang diucapkan guru atau didengar dari kaset/CD secara
kelompok dan individu dengan berani ( NK. Berani ( courage ) .
F
Guru
memperhatikan pengucapan bahasa Inggris siswa dan membetulkan jika ada
pengucapan yang salah dengan berani ( NK. Berani ( courage ) .
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum
diketahui siswa
F
Guru bersama
siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan dengan penuh
perhatian ( NK, Rasa hormat dan perhatian ( respect ),
3. Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F Guru menunjuk setiap siswa secara acak untuk
menyebutkan apa yang diucapkan guru dengan lantang (kegiatan ini dilakukan
dengan cepat).
F
Guru meminta siswa untuk mengulang
kembali di rumah pelajaran yang telah diberikan di kelas.
Alat/Sumber Belajar:
Buku teks,Gambar-gambar atau benda-benda yang berkaitan
dengan materi ajar, Rekaman kaset/CD, Buku-buku lain yang relevan.
Penilaian:
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
§
Merespon dengan mengulang apa yang
diucapkan guru atau didengar dari kaset/CD dengan suara lantang dengan berani ( NK. Berani ( courage )
§
Merespon dengan mengulang apa yang
diucapkan guru atau didengar dari kaset/CD dengan pengucapan bahasa Inggris
yang benar dengan penuh
perhatian ( NK, Rasa hormat dan perhatian ( respect ),
|
Tes
lisan
|
Merespon dengan mengulang secara lisan
|
Listen to the words and repeat.
Guru: crayon
Murid: (mengulang dengan ucapan lantang)
|
CATATAN
:
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat
penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............, ......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mapel Bahasa Inggris
.................................. ..................................
NIP : NIP
:
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SD : _____________________
Mata Pelajaran : Bahasa
Inggris
Kelas/Semester : I/1
Standar Kompetensi : 1. Memahami
instruksi sangat sederhana dengan tindakan dalam konteks kelas
Kompetensi Dasar : 1.2 Merespon dengan melakukan tindakan sesuai
instruksi secara berterima
Alokasi Waktu : 2
x 35 menit
Tujuan Pembelajaran** : Siswa
dapat memperagakan instruksi-instruksi yang didengar dengan benar
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
Metode Pembelajaran : Siswa
memperagakan instruksi-instruksi yang diberikan oleh guru atau yang didengar
dari kaset/CD bersama-sama
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
- Kegiatan
Pendahuluan
Apersepsi dan Motivasi :
· Guru memperlihatkan gambar besar yang
mengilustrasikan topik bab yang dibahas.
· Guru bertanya pada siswa kegiatan apa saja
yang ada dalam gambar.
- Kegiatan
Inti
&
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
Siswa
diminta memperagakan instruksi-instruksi yang diberikan oleh guru atau didengar
dari kaset/CD secara bersama-sama (sebagai permulaan, guru dapat memberi contoh
dalam memperagakan instruksi yang diberikan) secara tekun.
& Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F
Guru
membagi siswa dalam kelompok dan secara bergantian masing-masing kelompok
memperagakan instruksi yang diberikan oleh guru atau didengar dari kaset/CD, secara tanggung jawab dan berani serta dapat dipercaya.
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum
diketahui siswa
F
Guru bersama
siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan secara hormat dan perhatian.
3. Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F Guru menunjuk siswa secara acak untuk memperagakan
instruksi yang diberikan.
F
Guru
memberikan komentar dengan mengucapkan well done, good job, atau very good pada siswa agar mereka termotivasi.
Alat/Sumber Belajar:
- Buku teks Let’s Make Friends with English, Siti Eryda Lubis Pulungan, jilid 1, Esis
- Rekaman
kaset/CD
- Buku-buku
lain yang relevan
Penilaian:
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
§
Merespon dengan memperagakan
instruksi-instruksi yang didengar
|
Unjuk kerja
|
Responding
|
Listen to the instructions and follow them.
Guru: Jump.
Siswa: (melompat)
|
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
&
Produk
( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*
semua benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
&
Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
3.
|
Pengetahuan
Praktek
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
4
2
1
|
&
LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
||
Pengetahuan
|
Praktek
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
|||||||
CATATAN
:
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat
penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............, ......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mapel Bahasa Inggris
.................................. ..................................
NIP : NIP
:
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SD : _____________________
Mata Pelajaran : Bahasa
Inggris
Kelas/Semester : I/1
Standar Kompetensi : 2. Mengungkapkan informasi sangat sederhana
dalam konteks kelas
Kompetensi Dasar : 2.1 Bercakap-cakap
untuk meminta/memberi informasi secara berterima yang melibatkan tindak tutur:
menanyakan suatu benda dan menanyakan seseorang
Alokasi Waktu : 4 x
35 menit
Tujuan Pembelajaran** : 1.
Siswa dapat bercakap-cakap untuk
menanyakan suatu benda
2. Siswa dapat bercakap-cakap untuk menanyakan
seseorang
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage)
Metode Pembelajaran : 1. Siswa melakukan tanya jawab yang
berkaitan dengan materi
2. Siswa meniru pertanyaan-pertanyaan dan
respon pertanyaan
3. Siswa dan guru membahas kosakata dan
struktur percakapan sesuai materi
4. Siswa melakukan latihan percakapan dalam
bentuk dialog
5. Siswa menggunakan ungkapan-ungkapan
percakapan sesuai materi dalam situasi nyata
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
- Kegiatan
Pendahuluan
Apersepsi dan Motivasi :
· Guru memperlihatkan gambar besar yang
mengilustrasikan bab yang dibahas.
· Guru bertanya pada siswa mengenai kegiatan
yang terdapat dalam gambar dalam bahasa Inggris dan siswa menjawab.
- Kegiatan
Inti
&
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F Guru memberikan contoh dialog-dialog yang
berkaitan dengan materi.
F
Siswa melengkapi dialog-dialog yang masih kosong
dalam buku teks.
F
& Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa berlatih dialog-dialog tersebut dengan
teman-temanya (latihan ini dapat dilakukan secara berpasangan ataupun
berkelompok).
F
Selama siswa berlatih, guru mengitari siswa dan
mencatat kesalahan-kesalahan yang dilakukan oleh siswa.
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum
diketahui siswa
F
Guru bersama
siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F Guru memperbaiki kesalahan yang dilakukan siswa
(kesalahan meliputi pengucapan, penyebutan kosakata, dan tata bahasa yang pada
saat itu menjadi fokus bahasan).
F Guru menilai hasil kerja siswa dalam melengkapi dialog.
F Guru meminta beberapa siswa maju ke depan kelas
untuk mempraktikkan dialog yang baru saja dilatih.
F
Guru
memberikan komentar dengan mengucapkan well done, good job, atau very good pada
siswa yang berani maju ke
depan agar mereka termotivasi.
Alat/Sumber Belajar:
- Buku teks Let’s Make Friends with English, Siti Eryda Lubis Pulungan, jilid 1, Esis
- Script percakapan yang terdapat dalam buku teks dan buku guru
- Alat
peraga yang berkaitan dengan materi ajar
- Buku-buku
lain yang relevan
Penilaian:
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
Mengungkapkan berbagai tindak tutur:
§
Menanyakan suatu benda
§
Menanyakan seseorang
|
·
Tes lisan
·
Unjuk kerja
|
·
Pertanyaan
·
Performance
|
·
Answer the
questions orally!
·
Act out the
dialogue in front of the class!
|
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
&
Produk
( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*
semua benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
&
Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
3.
|
Pengetahuan
Praktek
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
4
2
1
|
&
LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
||
Pengetahuan
|
Praktek
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
|||||||
CATATAN
:
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat
penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............, ......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mapel Bahasa Inggris
.................................. ..................................
NIP : NIP
:
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SD :
_____________________
Mata Pelajaran : Bahasa
Inggris
Kelas/Semester : I/1
Standar Kompetensi : 2. Mengungkapkan informasi sangat sederhana
dalam konteks kelas
Kompetensi Dasar : 2.2 Bercakap-cakap
untuk menyertai tindakan secara berterima yang melibatkan tindak tutur:
menanyakan kegiatan yang sedang dilakukan seseorang dan menyebutkan
ukuran sebuah benda
Alokasi Waktu : 4 x
35 menit
Tujuan Pembelajaran** : 1.
Siswa dapat bercakap-cakap untuk
menanyakan kegiatan yang sedang dilakukan seseorang
2. Siswa dapat bercakap-cakap untuk
menyebutkan ukuran sebuah benda
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage)
Metode Pembelajaran : 1. Siswa melakukan tanya jawab yang
berkaitan dengan materi
2. Siswa meniru pertanyaan-pertanyaan dan
respon pertanyaan
3. Siswa dan guru membahas kosakata dan
struktur percakapan sesuai materi
4. Siswa
melakukan latihan percakapan dalam bentuk dialog
5. Siswa
menggunakan ungkapan-ungkapan percakapan sesuai materi dalam situasi nyata
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
- Kegiatan
Pendahuluan
Apersepsi dan Motivasi :
· Guru memperlihatkan gambar besar yang
mengilustrasikan bab yang dibahas.
· Guru bertanya pada siswa mengenai kegiatan
yang terdapat dalam gambar dalam bahasa Inggris dan siswa menjawab.
- Kegiatan
Inti
&
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F Guru memberikan contoh dialog-dialog yang
berkaitan dengan materi.
F
Siswa melengkapi dialog-dialog yang masih
kosong dalam buku teks.
& Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa berlatih dialog-dialog tersebut dengan
teman-temanya (latihan ini dapat dilakukan secara berpasangan ataupun
berkelompok).
F
Selama siswa berlatih, guru mengitari siswa dan
mencatat kesalahan-kesalahan yang dilakukan oleh siswa.
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum
diketahui siswa
F
Guru bersama
siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F Guru memperbaiki kesalahan yang dilakukan siswa
(kesalahan meliputi pengucapan, penyebutan kosakata, dan tata bahasa yang pada
saat itu menjadi fokus bahasan).
F Guru menilai hasil kerja siswa dalam melengkapi
dialog.
F Guru meminta beberapa siswa maju ke depan kelas
untuk mempraktikkan dialog yang baru saja dilatih.
F
Guru
memberikan komentar dengan mengucapkan well done, good job, atau very good pada
siswa yang berani maju ke
depan agar mereka termotivasi.
Alat/Sumber Belajar:
- Buku teks Let’s Make Friends with English, Siti Eryda Lubis Pulungan, jilid 1, Esis
- Script percakapan yang terdapat dalam buku teks dan buku guru
- Alat
peraga yang berkaitan dengan materi ajar
- Buku-buku
lain yang relevan
Penilaian:
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
Mengungkapkan berbagai tindak tutur:
§
Menanyakan kegiatan yang sedang dilakukan
seseorang
§
Menyebutkan ukuran sebuah benda
|
Tes lisan
|
Pertanyaan
|
Answer the
questions orally!
(siswa menjawab
pertanyaan-pertanyaan yang diberikan oleh guru mengenai materi yang sudah
dipelajari)
|
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
&
Produk
( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
&
Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
3.
|
Pengetahuan
Praktek
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
4
2
1
|
&
LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
||
Pengetahuan
|
Praktek
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
|||||||
CATATAN
:
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat
penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............, ......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mapel Bahasa Inggris
.................................. ..................................
NIP : NIP
:
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SD :
_____________________
Mata Pelajaran : Bahasa
Inggris
Kelas/Semester : I/1
Standar Kompetensi : 3. Memahami tulisan bahasa Inggris
sangat sederhana dalam konteks kelas
Kompetensi Dasar : 3.1 Membaca
nyaring dengan ucapan dan intonasi yang tepat dan berterima yang melibatkan:
kata,
frasa, dan kalimat sangat sederhana
Alokasi Waktu : 2 x
35 menit
Tujuan Pembelajaran** : 1.
Siswa dapat melafalkan kata,
frasa, dan kalimat dengan baik dan benar
2. Siswa dapat membaca kata, frasa, dan
kalimat dengan intonasi yang benar
3. Siswa dapat membaca nyaring dengan baik
dan benar
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
Metode Pembelajaran : 1. Siswa mendengarkan dan merespon hal-hal
yang perlu diperhatikan dalam kegiatan membaca
nyaring: pronunciation dan
intonation
2. Siswa mendengarkan contoh membaca
nyaring yang dilakukan guru
3. Siswa menirukan membaca nyaring dengan
intonasi dan jeda sesuai model
4. Siswa
membaca nyaring sendiri dengan lafal, intonasi, dan jeda yang baik dan benar
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
- Kegiatan
Pendahuluan
Apersepsi dan Motivasi :
· Guru bertanya pada siswa mengenai hal yang
berkaitan dengan topik bacaan. Sebagai contoh: guru bertanya apakah siswa
senang mengerjakan PR ketika akan membahas bacaan mengenai anak yang sedang
mengerjakan PR.
· Guru mengajak siswa mengingat kembali
kosakata-kosakata yang berkaitan dengan topik bacaan.
- Kegiatan
Inti
&
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F Guru membaca teks secara lantang dengan pengucapan
dan intonasi yang sesuai sementara siswa mendengar.
F
Guru membaca teks secara lantang untuk kedua kalinya
dan kali ini meminta siswa untuk menirukan membaca nyaring dengan intonasi dan
jeda sesuai dengan yang guru contohkan.
& Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F
Masing-masing siswa membaca nyaring sendiri
dengan lafal, intonasi, dan jeda yang baik dan benar (sementara siswa melakukan
kegiatan ini, guru mengitari siswa dan membetulkan apabila terdapat siswa yang
melakukan kesalahan dalam membaca).
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum
diketahui siswa
F
Guru bersama
siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F Guru bertanya apakah siswa memahami teks yang
dibaca.
F
Guru
mengaitkan apa yang dibaca siswa dengan kehidupan nyata siswa, misalnya: bila
teks yang dibaca tentang
mengerjakan PR, guru bertanya apakah siswa rajin mengerjakan PR.
Alat/Sumber Belajar:
- Buku teks Let’s Make Friends with English, Siti Eryda Lubis Pulungan, jilid 1, Esis
- Buku-buku lain yang relevan
Penilaian:
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
§
Melafalkan kata, frasa, dan kalimat dengan
baik dan benar
§
Membaca kata, frasa, dan kalimat dengan
intonasi yang benar
§
Membaca nyaring dengan baik dan benar
|
·
Tes unjuk kerja
·
Observasi
|
·
Uji petik membaca nyaring
·
Lembar observasi
|
· Read all the sentences aloud.
Puput is
doing homework.
She is
sitting on a chair.
She is
writing in a book.
· Read all the sentences loudly and carefully.
Mrs Tini is my
teacher.
Her shoes are big.
My shoes are small.
|
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
&
Produk
( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
&
Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
3.
|
Pengetahuan
Praktek
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
4
2
1
|
&
LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
||
Pengetahuan
|
Praktek
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
|
|||||||
CATATAN
:
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat
penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............, ......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mapel Bahasa Inggris
.................................. ..................................
NIP : NIP
:
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SD : _____________________
Mata Pelajaran : Bahasa
Inggris
Kelas/Semester : I/1
Standar Kompetensi : 3. Memahami tulisan bahasa Inggris sangat
sederhana dalam konteks kelas
Kompetensi Dasar : 3.2 Memahami kalimat dan teks deskriptif bergambar sangat sederhana secara tepat
dan berterima
Alokasi Waktu : 2 x
35 menit
Tujuan Pembelajaran** : 1.
Siswa dapat mengidentifikasi
berbagai informasi dalam kalimat-kalimat sangat sederhana
2. Siswa dapat mengidentifikasi berbagai
informasi dalam teks deskriptif bergambar
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
Metode Pembelajaran : 1. Siswa mengidentifikasi informasi dalam
kalimat-kalimat sangat sederhana
2. Siswa mengidentifikasi informasi yang
terdapat dalam bacaan
3. Siswa melakukan tanya jawab dengan guru
mengenai bacaan yang sedang dibahas
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
- Kegiatan
Pendahuluan
Apersepsi dan Motivasi :
· Guru bertanya pada siswa mengenai hal yang
berkaitan dengan topik bacaan. Sebagai contoh: guru bertanya apakah siswa
senang mengerjakan PR ketika akan membahas bacaan mengenai anak yang sedang mengerjakan
PR.
· Guru mengajak siswa mengingat kembali
kosakata-kosakata yang berkaitan dengan topik bacaan.
- Kegiatan
Inti
&
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F Guru membagi siswa dalam kelompok-kelompok yang
terdiri dari tiga siswa dalam setiap kelompoknya.
F
Siswa membaca teks secara individual.
& Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F
Setelah
selesai membaca, guru meminta siswa bersama-sama dengan teman satu kelompoknya
mencocokkan gambar dengan deskripsi yang ada dalam teks.
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum
diketahui siswa
F
Guru bersama
siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F Guru memeriksa hasil pekerjaan kelompok siswa dan membahasnya secara
bersama-sama.
F
Guru
mengaitkan apa yang dibaca siswa dengan kehidupan nyata siswa, misalnya: bila
teks yang dibaca tentang mengerjakan PR, guru bertanya apakah siswa rajin
mengerjakan PR.
Alat/Sumber Belajar:
- Buku teks Let’s Make Friends with English, Siti Eryda Lubis Pulungan, jilid 1, Esis
- Buku-buku lain yang relevan
Penilaian:
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
§
Mengidentifikasi berbagai informasi dalam
kalimat-kalimat sangat sederhana
§
Mengidentifikasi berbagai informasi dalam
teks deskriptif bergambar
|
Tes unjuk kerja
|
Tes identifikasi gambar berdasarkan informasi yang ada
dalam kalimat-kalimat sangat sederhana atau dalam teks
|
§
Point to the student
in the picture described in the text.
Puput is
doing homework.
She is
sitting on a chair.
She is
writing in a book
|
.
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
&
Produk
( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
&
Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
3.
|
Pengetahuan
Praktek
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
4
2
1
|
&
LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
||
Pengetahuan
|
Praktek
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
|||||||
CATATAN
:
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat
penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............, ......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mapel Bahasa Inggris
.................................. ..................................
NIP : NIP
:
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SD :
_____________________
Mata Pelajaran : Bahasa
Inggris
Kelas/Semester : I/1
Standar Kompetensi : 4. Mengeja
dan menyalin tulisan bahasa Inggris sangat sederhana dalam konteks kelas
Kompetensi Dasar : 4.1 Mengeja kosakata bahasa Inggris sangat
sederhana secara tepat dan berterima
dengan
ejaan yang benar
Alokasi Waktu : 4 x
35 menit
Tujuan Pembelajaran** : Siswa
dapat mengeja kosakata berdasarkan gambar dengan ejaan yang benar
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
Metode Pembelajaran : Siswa mengeja
kosakata materi terkait berdasarkan gambar yang terdapat dalam buku teks
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
- Kegiatan
Pendahuluan
Apersepsi dan Motivasi :
·
Guru
bertanya pada siswa mengenai hal yang berkaitan dengan topik bahasan. Sebagai
contoh: guru bertanya apakah siswa senang belajar di kelas ketika akan membahas
topik tentang kegiatan di kelas.
·
Guru
mengajak siswa mengingat kembali kosakata-kosakata yang berkaitan dengan topik
bahasan.
2.
Kegiatan
Inti
&
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
Guru
meminta siswa mengerjakan latihan menebalkan garis putus-putus nama benda-benda
yang terdapat pada gambar.
& Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa dapat melakukan kegiatan ini secara individual atau berpasangan.
F
Pada saat siswa melakukan kegiatan ini, guru
mengitari siswa dan melihat apakah setiap siswa sudah menebalkan nama-nama
benda dengan ejaan yang benar.
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum
diketahui siswa
F
Guru bersama
siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F Guru membahas hasil pekerjaan siswa bersama-sama.
F Sebagai latihan tambahan, guru dapat memanggil siswa
secara acak dan meminta siswa menulis nama benda berdasarkan benda yang guru
pegang di papan tulis.
F
Guru
mengingatkan siswa kembali mengenai ejaan yang benar yang berkaitan dengan
kosakata yang dipelajari
siswa.
Alat/Sumber Belajar:
- Buku teks Let’s Make Friends with English, Siti Eryda Lubis Pulungan, jilid 1, Esis
- Buku-buku lain yang relevan
- Alat
peraga yang berkaitan dengan materi ajar
Penilaian:
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
§
Mengeja kosakata berdasarkan gambar dengan
ejaan yang benar
|
Tes tulis
|
Menulis kosakata dengan ejaan yang benar
|
§
Trace names of certain objects with the correct
spelling.
(gambar book)
(gambar pencil)
(gambar chalk)
(gambar pencil
sharpener)
(gambar rubber)
|
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
&
Produk
( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
&
Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
3.
|
Pengetahuan
Praktek
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
4
2
1
|
&
LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
||
Pengetahuan
|
Praktek
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
|||||||
CATATAN
:
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat
penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............, ......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mapel Bahasa Inggris
.................................. ..................................
NIP : NIP
:
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SD :
_____________________
Mata Pelajaran : Bahasa
Inggris
Kelas/Semester : I/1
Standar Kompetensi : 4. Mengeja dan menyalin tulisan bahasa
Inggris sangat sederhana dalam konteks kelas
Kompetensi Dasar : 4.2 Menyalin
kosakata bahasa Inggris sangat sederhana secara tepat dan berterima
Alokasi Waktu : 4 x
35 menit
Tujuan Pembelajaran** : 1.
Siswa dapat menyalin dan
mencocokkan kata dengan gambar yang sesuai
2. Siswa dapat menulis nama-nama alat
tulis, kata sifat, atau materi terkait dengan benar dan sesuai dengan gambar
yang tepat
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
Metode Pembelajaran : 1. Siswa menyalin dan mencocokkan kosakata
dengan gambar
2. Siswa menulis nama-nama alat tulis dan
kata sifat
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
- Kegiatan
Pendahuluan
Apersepsi dan Motivasi :
·
Guru
bertanya pada siswa mengenai hal yang berkaitan dengan topik bahasan. Sebagai
contoh: guru bertanya apakah siswa senang belajar di kelas ketika akan membahas
topik tentang kegiatan di kelas.
·
Guru
mengajak siswa mengingat kembali kosakata-kosakata yang berkaitan dengan topik
bahasan.
- Kegiatan
Inti
&
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat menulis nama-nama alat tulis,
kata sifat, atau materi terkait dengan benar dan sesuai dengan gambar yang
tepat
& Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F Guru meminta siswa mengerjakan latihan menyalin
dan mencocokkan kosakata dengan gambar dan menulis nama-nama alat tulis dan
kata sifat sesuai dengan gambar.
F Siswa dapat melakukan kegiatan ini secara
individual atau berpasangan.
F
Pada saat
melakukan kegiatan ini, guru mengitari siswa dan melihat apakah siswa sudah
menulis dengan benar.
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum
diketahui siswa
F
Guru bersama
siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F Guru membahas hasil pekerjaan siswa bersama-sama.
F Sebagai latihan tambahan, guru dapat memanggil
siswa secara acak dan meminta siswa menulis nama-nama alat tulis dan kata sifat
berdasarkan apa yang guru ucapkan.
F
Guru mengingatkan siswa agar mereka mengingat
kosakata yang dipelajari.
Alat/Sumber Belajar:
- Buku teks Let’s Make Friends with English, Siti Eryda Lubis Pulungan, jilid 1, Esis
- Buku-buku lain yang relevan
- Alat
peraga yang berkaitan dengan materi ajar
Penilaian:
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
§
Menyalin dan mencocokkan kata dengan gambar
yang sesuai
§
Menulis nama-nama alat tulis, kata sifat,
atau materi terkait dengan benar dan sesuai gambar yang tepat
|
Tes tulis
|
·
Menyalin kosakata sesuai dengan gambar
·
Menulis kosakata dengan benar dan sesuai dengan gambar
|
§
Write names of the
objects based on the pictures.
(gambar buku, pensil,
penghapus, kapur, peraut pensil)
§
Write the adjectives
based on the pictures.
(gamba-gambar anak
perempuan dengan rambut panjang, anak laki-laki dengan rambut pendek, sepatu
orang dewasa, sepatu anak-anak )
|
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
&
Produk
( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
&
Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
3.
|
Pengetahuan
Praktek
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
4
2
1
|
&
LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
||
Pengetahuan
|
Praktek
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
|
|||||||
CATATAN
:
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat
penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............, ......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mapel Bahasa Inggris
.................................. ..................................
NIP : NIP
:
![]() |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SD :
_____________________
Mata Pelajaran : Bahasa
Inggris
Kelas/Semester : I/2
Standar Kompetensi : 5. Memahami instruksi sangat sederhana
dengan tindakan dalam konteks kelas
Kompetensi Dasar : 5.1 Merespon dengan mengulang kosakata baru
dalam berbagai permainan dengan ucapan lantang
Alokasi Waktu : 2 x
35 menit
Tujuan Pembelajaran** : 1.
Siswa dapat mengulang apa yang
didengarnya dengan suara lantang
2. Siswa dapat mengulang apa yang
didengarnya dengan pengucapan bahasa Inggris yang benar
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
Metode Pembelajaran : 1. Siswa bersama-sama mengulang dengan
suara lantang kosakata-kosakata baru yang diucapkan guru atau didengar dari kaset/CD
2. Masing-masing siswa mengulang dengan
suara lantang kosakata-kosakata baru yang diucapkan guru atau didengar dari
kaset/CD
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
- Kegiatan
Pendahuluan
Apersepsi dan Motivasi :
·
Guru
memperlihatkan gambar besar yang mengilustrasikan topik bab yang dibahas.
·
Guru
bertanya pada siswa apakah mereka mengetahui nama-nama benda yang ada dalam
gambar.
2.
Kegiatan
Inti
&
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
Siswa diminta mendengar apa yang diucapkan guru
atau didengar dari kaset/CD dan mengulang apa yang mereka dengar secara
klasikal.
& Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa mengulang apa yang diucapkan guru atau didengar dari kaset/CD secara kelompok
dan individu.
F
Guru
memperhatikan pengucapan bahasa Inggris siswa dan membetulkan jika ada pengucapan yang salah.
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum
diketahui siswa
F
Guru bersama
siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F Guru menunjuk setiap siswa secara acak untuk
menyebutkan apa yang diucapkan guru dengan lantang (kegiatan ini dilakukan dengan
cepat).
F
Guru meminta
siswa untuk mengulang kembali di rumah pelajaran yang telah diberikan di kelas.
Alat/Sumber Belajar:
- Buku teks Let’s Make Friends with English, Siti Eryda Lubis Pulungan, jilid 1, Esis
- Gambar-gambar
yang berkaitan dengan materi ajar
- Rekaman
kaset/CD
- Buku-buku
lain yang relevan
Penilaian:
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
§
Merespon dengan mengulang apa yang
diucapkan guru atau di dengar dari kaset/CD dengan suara lantang
§
Merespon dengan meng-ulang apa yang
diucap-kan guru atau didengar dari kaset/CD dengan peng-ucapan baha-sa
Inggris yang benar
|
Tes
lisan
|
Merespon dengan mengulang secara lisan
|
Listen to the names of games and repeat.
Guru: jackstone
Murid: (mengulang dengan ucapan lantang)
|
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
&
Produk
( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*
semua benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
&
Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
3.
|
Pengetahuan
Praktek
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
4
2
1
|
&
LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
||
Pengetahuan
|
Praktek
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
|||||||
CATATAN
:
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat
penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............, ......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mapel Bahasa Inggris
.................................. ..................................
NIP : NIP
:
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SD :
_____________________
Mata Pelajaran : Bahasa
Inggris
Kelas/Semester : I/2
Standar Kompetensi : 5. Memahami instruksi sangat sederhana
dengan tindakan dalam konteks kelas
Kompetensi Dasar : 5.2 Merespon
dengan melakukan tindakan sesuai instruksi secara berterima
Alokasi Waktu : 2 x
35 menit
Tujuan Pembelajaran** : Siswa
dapat memperagakan instruksi-instruksi yang didengar dengan benar
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
Metode Pembelajaran : Siswa
memperagakan instruksi-instruksi yang diberikan oleh guru atau didengar dari
kaset/CD
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
1.
Kegiatan
Pendahuluan
Apersepsi dan Motivasi :
· Guru memperlihatkan gambar besar yang
mengilustrasikan topik bab yang dibahas.
· Guru bertanya pada siswa kegiatan apa saja
yang ada dalam gambar.
2.
Kegiatan
Inti
&
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
Siswa diminta memperagakan instruksi-instruksi
yang diberikan oleh guru atau didengar dari kaset/CD secara bersama-sama
(sebagai permulaan, guru dapat memberi contoh dalam memperagakan instruksi yang
diberikan).
& Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F
Siswa diminta memperagakan instruksi-instruksi
yang diberikan oleh guru atau didengar dari kaset/CD secara berkelompok (guru
dapat memotivasi siswa agar kompak dengan kelompoknya).
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum
diketahui siswa
F
Guru bersama
siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F Guru menunjuk siswa secara acak untuk memperagakan
instruksi yang diberikan.
F
Guru memberi
apresiasi terhadap siswa yang melakukan instruksi-instruksi dengan benar dengan mengucapkan well done, good job, atau
very good.
Alat/Sumber Belajar:
- Buku teks Let’s Make Friends with English, Siti Eryda Lubis Pulungan, jilid 1, Esis
- Rekaman
kaset/CD
- Buku-buku
lain yang relevan
Penilaian:
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
§
Merespon dengan memperagakan
instruksi-instruksi yang didengar
|
Unjuk kerja
|
Responding
|
Listen to
the instructions and follow them.
Guru: Jump.
|
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
&
Produk
( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
&
Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
3.
|
Pengetahuan
Praktek
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
4
2
1
|
&
LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
||
Pengetahuan
|
Praktek
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
|||||||
CATATAN
:
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat
penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............, ......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mapel Bahasa Inggris
.................................. ..................................
NIP : NIP
:
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SD :
_____________________
Mata Pelajaran : Bahasa
Inggris
Kelas/Semester : I/2
Standar Kompetensi : 6. Mengungkapkan informasi sangat sederhana
dalam konteks kelas
Kompetensi Dasar : 6.1 Menirukan ujaran dalam ungkapan sangat
sederhana secara berterima
Alokasi Waktu : 2 x
35 menit
Tujuan Pembelajaran** : Siswa
dapat meniru pertanyaan dan respon pertanyaan dengan pengucapan dan intonasi
yang tepat
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
Metode Pembelajaran : Siswa meniru
pertanyaan-pertanyaan dan respon pertanyaan
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
- Kegiatan
Pendahuluan
Apersepsi dan Motivasi :
· Guru memperlihatkan gambar besar yang
mengilustrasikan bab yang dibahas.
· Guru bertanya pada siswa mengenai kegiatan
yang terdapat dalam gambar dalam bahasa Inggris dan siswa menjawab.
- Kegiatan
Inti
&
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
Guru
mengucapkan pertanyaan-pertanyaan dan respon pertanyaan yang menjadi fokus
bahasan bab dengan lantang.
& Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa diminta meniru apa yang guru ucapkan dengan
lantang secara klasikal.
F Siswa dibagi ke dalam kelompok dan secara
bergantian setiap kelompok berlatih meniru ujaran-ujaran yang diucapkan guru.
F
Selama siswa
berlatih, guru memperhatikan pengucapan dan intonasi siswa. Jika ada siswa yang melakukan kesalahan, guru segera
membetulkan kesalahan tersebut.
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum
diketahui siswa
F
Guru bersama
siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F Guru meminta beberapa siswa maju ke depan kelas
untuk mempraktikkan ujaran-ujaran yang baru saja dilatih.
F
Guru memberikan komentar dengan mengucapkan well done, good job, atau very good
pada siswa yang berani maju ke depan agar mereka termotivasi.
Alat/Sumber Belajar:
- Buku teks Let’s Make Friends with English, Siti Eryda Lubis Pulungan, jilid 1, Esis
- Script percakapan yang terdapat dalam buku teks dan buku guru
- Alat
peraga yang berkaitan dengan materi ajar
- Buku-buku
lain yang relevan
Penilaian:
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
Meniru pertanyaan-pertanyaan dan respon pertanyaan
dengan pengucapan dan intonasi yang tepat
|
Unjuk kerja
|
Performance
|
Repeat the expressions
with the correct pronunciation and intonation.
Guru: Where is my bag?
Siswa: (mengulang
dengan pengucapan dan intonasi yang tepat)
Guru: It is here.
Siswa: (mengulang
dengan pengucapan dan intonasi yang tepat)
|
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
&
Produk
( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
&
Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
3.
|
Pengetahuan
Praktek
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
4
2
1
|
&
LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
||
Pengetahuan
|
Praktek
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
|||||||
CATATAN
:
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat
penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............, ......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mapel Bahasa Inggris
.................................. ..................................
NIP : NIP
:
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SD :
_____________________
Mata Pelajaran : Bahasa
Inggris
Kelas/Semester : I/2 Mengungkapkan
informasi sangat sederhana dalam konteks kelas
Kompetensi Dasar : 6.2 Bercakap-cakap
untuk meminta/memberi informasi secara berterima yang melibatkan
tindak tutur: menyebutkan kepemilikan, menanyakan di mana suatu benda
berada, dan menanyakan kegiatan yang sedang dilakukan seseorang
Alokasi Waktu : 4 x
35 menit
Tujuan Pembelajaran** : 1.
Siswa dapat bercakap-cakap untuk
menyebutkan kepemilikan
2. Siswa dapat bercakap-cakap untuk
menanyakan dimana suatu benda berada
3. Siswa dapat bercakap-cakap untuk
menanyakan kegiatan yang sedang dilakukan seseorang
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
Metode Pembelajaran : 1. Siswa melakukan tanya jawab yang
berkaitan dengan materi
2. Siswa
dan guru membahas kosakata dan struktur percakapan sesuai materi
3. Siswa
melakukan latihan percakapan dalam bentuk dialog
4. Siswa
menggunakan ungkapan-ungkapan percakapan sesuai materi dalam situasi nyata
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
- Kegiatan
Pendahuluan
Apersepsi dan Motivasi :
· Guru memperlihatkan gambar besar yang
mengilustrasikan bab yang dibahas.
· Guru bertanya pada siswa mengenai kegiatan
yang terdapat dalam gambar dalam bahasa Inggris dan siswa menjawab.
- Kegiatan
Inti
&
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
Guru memberikan contoh dialog-dialog yang
berkaitan dengan materi.
& Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa melengkapi dialog-dialog yang masih kosong dalam buku teks.
F Siswa berlatih dialog-dialog tersebut dengan
teman-temanya (latihan ini dapat dilakukan secara berpasangan ataupun
berkelompok).
F
Selama siswa
berlatih, guru mengitari siswa dan mencatat kesalahan-kesalahan yang dilakukan oleh siswa.
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum
diketahui siswa
F
Guru bersama
siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F Guru memperbaiki kesalahan yang dilakukan siswa (kesalahan
meliputi pengucapan, penyebutan kosakata, dan tata bahasa yang pada saat itu
menjadi fokus bahasan).
F Guru menilai hasil kerja siswa dalam melengkapi
dialog.
F Guru meminta beberapa siswa maju ke depan kelas
untuk mempraktikkan dialog yang baru saja dilatih.
F
Guru
memberikan komentar dengan mengucapkan well done, good job, atau very good pada
siswa yang berani maju ke
depan agar mereka termotivasi.
Alat/Sumber Belajar:
- Buku teks Let’s Make Friends with English, Siti Eryda Lubis Pulungan, jilid 1, Esis
- Script percakapan yang terdapat dalam buku teks dan buku guru
- Alat
peraga yang berkaitan dengan materi ajar
- Buku-buku
lain yang relevan
Penilaian:
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
Mengungkapkan berbagai tindak tutur:
§
Menyebutkan kepemilikan
§
Menanyakan di mana suatu benda berada
§
Menanyakan kegiatan yang sedang dilakukan
seseorang
|
·
Tes lisan
·
Unjuk kerja
|
·
Pertanyaan
·
Performance
|
Answer the
questions orally.
Guru: What are you
doing?
Siswa: I am playing
marbles.
Guru: What are you
doing?
Siswa: I am playing
jackstone.
Act out the
dialogue in front of the class.
Siswa
A:Where is my notebook?
Siswa B: It
is here..
|
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
&
Produk
( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
&
Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
3.
|
Pengetahuan
Praktek
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
4
2
1
|
&
LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
||
Pengetahuan
|
Praktek
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
|
|||||||
CATATAN
:
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat
penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............, ......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mapel Bahasa Inggris
.................................. ..................................
NIP : NIP
:
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SD :
_____________________
Mata Pelajaran : Bahasa
Inggris
Kelas/Semester : I/2
Standar Kompetensi : 7. Memahami
tulisan bahasa Inggris dan teks deskriptif bergambar sangat sederhana dalam
konteks kelas
Kompetensi Dasar : 7.1 Membaca
nyaring dengan ucapan dan intonasi yang tepat dan berterima yang melibatkan:
frasa
dan kalimat sangat sederhana
Alokasi Waktu : 2 x
35 menit
Tujuan Pembelajaran** : 1.
Siswa dapat melafalkan frasa dan
kalimat dengan benar
2. Siswa dapat membaca frasa dan kalimat
dengan intonasi yang benar
3. Siswa dapat membaca nyaring dengan baik
dan benar
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
Metode Pembelajaran : 1. Siswa mendengarkan dan merespon hal-hal
yang perlu diperhatikan dalam kegiatan membaca
nyaring: pronunciation dan
intonation
2. Siswa mendengarkan contoh membaca
nyaring yang dilakukan guru
3. Siswa menirukan membaca nyaring dengan
intonasi dan jeda sesuai model
4. Siswa
membaca nyaring sendiri dengan lafal, intonasi, dan jeda yang baik dan benar
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
- Kegiatan
Pendahuluan
Apersepsi dan Motivasi :
· Guru bertanya pada siswa mengenai hal yang
berkaitan dengan topik bacaan. Sebagai contoh: guru bertanya apakah siswa
senang bercerita ketika akan membahas bacaan mengenai seorang anak yang senang
bercerita.
· Guru mengajak siswa mengingat kembali
kosakata-kosakata yang berkaitan dengan topik bacaan.
- Kegiatan
Inti
&
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
Guru membaca teks secara lantang dengan
pengucapan dan intonasi yang sesuai sementara siswa mendengar.
& Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F Guru membaca teks secara lantang untuk
kedua kalinya dan kali ini meminta siswa untuk menirukan membaca nyaring dengan intonasi dan jeda sesuai dengan yang guru
contohkan.
F
Masing-masing siswa membaca nyaring sendiri
dengan lafal, intonasi, dan jeda yang baik dan benar (sementara siswa melakukan
kegiatan ini, guru mengitari siswa dan membetulkan apabila terdapat siswa yang
melakukan kesalahan dalam membaca).
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum
diketahui siswa
F
Guru bersama
siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F Guru bertanya apakah siswa memahami teks yang
dibaca.
F
Guru
mengaitkan apa yang dibaca siswa dengan kehidupan nyata siswa, misalnya: bila
teks yang dibaca tentang anak
yang senang bercerita, guru bertanya kepada siswa cerita apa yang mereka senang
ceritakan pada teman mereka.
Alat/Sumber Belajar:
- Buku teks Let’s Make Friends with English, Siti Eryda Lubis Pulungan, jilid 1, Esis
- Buku-buku lain yang relevan
Penilaian:
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
§
Melafalkan frasa dan kalimat dengan benar
§
Membaca frasa dan kalimat dengan intonasi
yang benar
§
Membaca nyaring dengan baik dan benar
|
§
Tes unjuk kerja
§
Observasi
|
§
Uji petik membaca nyaring
§
Lembar observasi
|
Answer the
questions orally.
Read the
sentences aloud.
Angga is a
student.
This is his
classroom.
He likes to
tell stories.
He tells a
story in front of the class.
Read all the
sentences loudly and carefully.
They play
hide and seek.
We play
see-saw.
I play
slide.
|
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
&
Produk
( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
&
Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
3.
|
Pengetahuan
Praktek
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
4
2
1
|
&
LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
||
Pengetahuan
|
Praktek
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
|
|||||||
CATATAN
:
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat
penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............, ......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mapel Bahasa Inggris
.................................. ..................................
NIP : NIP
:
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SD :
_____________________
Mata Pelajaran : Bahasa
Inggris
Kelas/Semester : I/2
Standar Kompetensi : 7. Memahami
tulisan bahasa Inggris dan teks deskriptif bergambar sangat sederhana
dalam
konteks kelas
Kompetensi Dasar : 7.2 Memahami kalimat dan teks deskriptif
bergambar sangat sederhana secara tepat dan
berterima
Alokasi Waktu : 2 x
35 menit
Tujuan Pembelajaran** : 1.
Siswa dapat mengidentifikasi
berbagai informasi dalam kalimat-kalimat sangat sederhana
2. Siswa dapat mengidentifikasi berbagai
informasi dalam teks deskriptif bergambar
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
Metode Pembelajaran : 1. Siswa mengidentifikasi informasi dalam
kalimat-kalimat sangat sederhana
2. Siswa mengidentifikasi informasi yang
terdapat dalam bacaan
3. Siswa melakukan tanya jawab dengan guru
mengenai bacaan yang sedang dibahas
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
1.
Kegiatan
Pendahuluan
Apersepsi dan Motivasi :
· Guru bertanya pada siswa mengenai hal yang
berkaitan dengan topik bacaan. Sebagai contoh: guru bertanya apakah siswa
senang bercerita ketika akan membahas bacaan mengenai seorang anak yang senang
bercerita.
· Guru mengajak siswa mengingat kembali
kosakata-kosakata yang berkaitan dengan topik bacaan.
2.
Kegiatan
Inti
&
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
Guru membagi siswa dalam kelompok-kelompok yang terdiri dari tiga siswa dalam setiap
kelompoknya.
& Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa membaca teks secara individual.
F
Setelah
selesai membaca, guru meminta
siswa bersama-sama dengan teman satu kelompoknya mencocokkan gambar dengan
deskripsi yang ada dalam teks.
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum
diketahui siswa
F
Guru bersama
siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F Guru memeriksa hasil pekerjaan kelompok siswa dan
membahasnya secara bersama-sama.
F
Guru
mengaitkan apa yang dibaca siswa dengan kehidupan nyata siswa, misalnya: bila
teks yang dibaca tentang anak
yang senang bercerita, guru bertanya kepada siswa cerita apa yang mereka senang
ceritakan pada teman mereka.
Alat/Sumber Belajar:
1. Buku teks Let’s Make Friends
with English, Siti Eryda Lubis Pulungan, jilid 1, Esis
2. Buku-buku lain yang relevan
3. Alat peraga
Penilaian:
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
§
Mengidentifikasi berbagai informasi dalam
kalimat-kalimat sangat sederhana
§
Mengidentifikasi berbagai informasi dalam teks
deskriptif bergambar
|
Tes unjuk kerja
|
Tes identifikasi gambar berdasarkan informasi yang ada
dalam kalimat-kalimat sangat sederhana atau dalam teks
|
Point to the correct
student in the picture described in the text.
Angga is a student.
This is his classroom.
He likes to tell
stories.
He tells a story in
front of the class.
|
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
&
Produk
( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
&
Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
3.
|
Pengetahuan
Praktek
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
4
2
1
|
&
LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
||
Pengetahuan
|
Praktek
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
|||||||
CATATAN
:
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat
penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............, ......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mapel Bahasa Inggris
.................................. ..................................
NIP : NIP
:
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SD :
_____________________
Mata Pelajaran : Bahasa
Inggris
Kelas/Semester : I/2
Standar Kompetensi : 8. Mengeja dan menyalin tulisan bahasa
Inggris sangat sederhana dalam konteks kelas
Kompetensi Dasar : 8.1 Menyalin kosakata bahasa Inggris sangat
sederhana secara tepat dan berterima dengan
ejaan yang benar
Alokasi Waktu : 4 x
35 menit
Tujuan Pembelajaran** : Siswa
dapat menyalin dan mencocokkan kata dengan gambar yang sesuai
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
Metode Pembelajaran : Siswa menyalin
dan mencocokkan kosakata dengan gambar
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
1. Kegiatan
Pendahuluan
Apersepsi dan Motivasi :
·
Guru
bertanya pada siswa mengenai hal yang berkaitan dengan topik bahasan. Sebagai
contoh: guru bertanya apakah siswa senang belajar di kelas mereka ketika akan membahas tentang My Classroom.
·
Guru
mengajak siswa mengingat kembali kosakata-kosakata yang berkaitan dengan topik
bahasan.
2.
Kegiatan
Inti
&
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
Guru meminta siswa mengerjakan latihan memberi
nama-nama benda yang ada di kelas yang terdapat pada gambar.
& Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa dapat melakukan kegiatan ini secara
individual atau berpasangan.
F
Pada saat
siswa melakukan kegiatan ini, guru mengitari siswa dan melihat apakah setiap
siswa sudah menulis nama-nama
benda yang ada di kelas dengan ejaan yang benar.
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum
diketahui siswa
F
Guru bersama
siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F Guru membahas hasil pekerjaan siswa bersama-sama.
F Sebagai latihan tambahan, guru dapat memanggil
siswa secara acak dan meminta siswa menulis nama-nama benda yang ada di kelas
berdasarkan gambar atau benda yang guru pegang di papan tulis.
F
Guru mengingatkan siswa kembali mengenai ejaan
yang benar yang berkaitan dengan kosakata yang dipelajari siswa.
Alat/Sumber Belajar:
- Buku teks Let’s Make Friends with English, Siti Eryda Lubis Pulungan, jilid 1, Esis
- Buku-buku lain yang relevan
- Alat
peraga yang berkaitan dengan materi ajar
Penilaian:
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
Menyalin dan mencocokkan kata dengan gambar yang sesuai
|
Tes tulis
|
Menyalin kosakata sesuai dengan gambar
|
Trace names of the
objects based on the pictures given.
(gambar
pensil warna)
(gambar
buku)
(gambar
pensil)
|
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
&
Produk
( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
&
Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
3.
|
Pengetahuan
Praktek
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
4
2
1
|
&
LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
||
Pengetahuan
|
Praktek
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
|
|||||||
CATATAN
:
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat
penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............, ......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mapel Bahasa Inggris
.................................. ..................................
NIP : NIP
:
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SD :
_____________________
Mata Pelajaran : Bahasa
Inggris
Kelas/Semester : I/2
Standar Kompetensi : 8. Mengeja dan menyalin tulisan bahasa
Inggris sangat sederhana dalam konteks kelas
Kompetensi Dasar : 8.2 Melengkapi kosakata sangat sederhana
secara tepat dan berterima
Alokasi Waktu : 4 x
35 menit
Tujuan Pembelajaran** : Siswa
dapat melengkapi kosakata dengan huruf yang sesuai
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
Metode Pembelajaran : Siswa melengkapi
kosakata berdasarkan gambar
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
1.
Kegiatan
Pendahuluan
Apersepsi dan Motivasi :
·
Guru
bertanya pada siswa mengenai hal yang berkaitan dengan topik bahasan. Sebagai
contoh: guru bertanya apakah siswa senang belajar di kelas mereka ketika akan membahas tentang My Classroom.
·
Guru
mengajak siswa mengingat kembali kosakata-kosakata yang berkaitan dengan topik
bahasan.
2.
Kegiatan
Inti
&
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat melengkapi kosakata dengan huruf yang sesuai
& Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F Guru meminta siswa mengerjakan latihan menulis
kosakata sesuai dengan gambar.
F Siswa dapat melakukan kegiatan ini secara
individual atau berpasangan.
F
Pada saat melakukan kegiatan ini, guru
mengitari siswa dan melihat apakah siswa sudah menulis dengan benar.
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum
diketahui siswa
F
Guru bersama
siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F Guru membahas hasil pekerjaan siswa bersama-sama.
F Guru mengingatkan siswa agar mereka mengingat
kosakata yang dipelajari.
Alat/Sumber Belajar:
- Buku teks Let’s Make Friends with English, Siti Eryda Lubis Pulungan, jilid 1, Esis
- Buku-buku lain yang relevan
- Alat
peraga yang berkaitan dengan materi ajar
Penilaian:
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
Melengkapi kosakata dengan huruf yang sesuai
|
Tes tulis
|
Melengkapi kosakata dengan benar dan sesuai dengan
gambar
|
Complete the words by
filling in the letters in the space provided.
(gambar
karet penghapus)
(gambar
buku)
(gambar
kalender)
|
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
&
Produk
( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
&
Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
3.
|
Pengetahuan
Praktek
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
4
2
1
|
&
LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
||
Pengetahuan
|
Praktek
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
|||||||
CATATAN
:
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat
penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............, ......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mapel Bahasa Inggris
.................................. ..................................
NIP : NIP
:



No comments:
Post a Comment