Monday, May 18, 2015

RPP KELAS 1 TEMA PERISTIWA ALAM

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan            :  MI Miftahul Huda
Kelas / Semester               :  I (Satu) / 2
Tema / Topik                     :  Peristiwa Alam
Alokasi Waktu                  :  2x 35 menit

KOMPETENSI INTI
1.  Menerima dan menjalankan ajaran Agama yang dianutnya
2.  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
3.  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah
4.  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

Standar Kompetensi :
1. PKn                                    
  • Membiasakan hidup bergotong royong

2.  IPA                                               
·       Mengenal berbagai macam bencana alam.
3. Matematika                        
·         Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 50
4. Bahasa Indonesia               
Mendengarkan                 
·         Memahami cerita pendek anak.
Berbicara                          
·         Mengungkapkan pikiran, persaan, dan pengalaman secara lisan
Membaca                     
·         Memahami teks pendek dengan membaca lancar dan membaca puisi anak.

Kompetensi Dasar  :
1.   PKn
  • Mengenal pentingnya hidup rukun, saling berbagi dan tolong menolong.

2.   IPA
·         Mengidentifikasi terjadinya bencana alam
·         Mengidentifikasi cirri-ciri bencana alam
3.   Matematika
·         Menjumlahkan dan mengurangi bilangan dengan tepat
4.      Bahasa Indonesia
  • Menyebutkan kembali dengan kata-kata atau kalimat sendiri isi teks pendek ..
·         Menyimpulkan isi teks pendek ( 10 – 15 kalimat)

Indikator  :
1.      PKn :
·         Menjelaskan arti tolong menolong.
·         Menyebutkan contoh tolong menolong di rumah.
·         Menyebutkan contoh tolong menolong di sekolah.

2.   IPA  :
·         Menyebutkan macam-macam peristiwa alam
·         Menyebutkan berbagai penanggulangan peristiwa alam


3.    Matematika  :
·         Menjumlahkan bilangan sampai 50 dengan tepat
·         Mengurangi bilangan 50 dengan tepat

4.   Bahasa Indonesia  :
·         Mendengarkan cerita pendek yang dibacakan  oleh teman.
·         Menyempaikan pesan yang didengar pada teman.
·         Menyimak cerita  pendek.
·         Menceritakan kembali isi teks bacaan dengan lisan.
·         Menjawab pertanyaan bacaan secara lisan.


Tujuan Pembelajaran  :
                        Siswa dapat  :
·         Menyebutkan contoh saling berbagi di sekolah.
·         Menjelaskan arti tolong menolong.
·         Menyebutkan contoh tolong menolong di rumah.
·         Menyebutkan contoh tolong menolong di sekolah..
·         Menyempaikan pesan yang didengar pada orang lain.
·         Menyimak cerita bacaan pendek.
·         Menceritakan kembali isi teks bacaan dengan lisan.
·         Menjawab pertanyaan bacaan secara lisan.
·         Menjumlahkan dan mengurangkan bilangan dengan tepat
Materi Ajar  ( Materi Pokok ) :
·         Hidup gotong royong.
·         Peristiwa penting.
·         Peristiwa alam
·         Bilangan 1 – 50
·         Mendengarkan teks pendek.


Metoda Pembelajaran :
·         Ceramah
·         Tanya jawab.
·         Demontrasi.
·         Pemberian tugas.

Langkah-langkah pembelajaran :
A.  Kegiatan awal :
·         salam
·         Mengisi daftar kelas , berdoa.
·         Memperingatkan cara duduk yang baik ketika menulis, membaca.

B. Kegiatan inti
      Eksplorasi
       
·         Siswa mengamati gambar peristiwa alam yang ditunjukkan oleh guru
·         Siswa menjawab pertanyaana dari guru yang berkaitan dengan gambar
Elaborasi

·         Guru menjelaskan tentang peristiwa alam
·         Guru meminta siswa untuk berkelompok
·         Siswa diminta salah satu untuk membacakan teks yang diberikan oleh guru
·         Siswa berdiskusi tentang kesimpulan isi bacaan
·         Siswa mempresentasikan perwakilan kelompok
Konfirmasi

·         Guru mengarahkan pembicaraan pada materi//permasalahan yang belum diungkapkan siswa
·         Guru memberikan penghargaan terhadap siswa yang telah menyampaikan pendapat

C.  Kegiatan akhir
·         Membuat kesimpulan dari tiap materi yang disampaikan.
·         Guru menanyakan kepada siswa tentang materi yang belum dipahami.
·         Pemberian PR / tugas

Alat dan Sumber Belajar
  • Buku Sumber :
    1. Buku Pengetahuan sosial SD kelas 1, Penerbit Erlangga
    2. Buku Sains SD Kelas 1, Penerbit Erlangga
    3. Buku Pendidikan Kewarganegaraan kelas 1 SD , Penerbit Grafindo Media Pratama
    4. Buku Pelajaran Matematika SD Kelas 1, Penerbit Erlangga.
    5. Buku Bina Bahasa Idonesia dan Sastra SD Kelas 2, Penerbit Erlangga

·         Alat Peraga  :
1.      Teks cerpen
2.      gambar.




Penilaian
Teknik  Tes  :
·         Tes lisan.
1.      Keberanian menjawab/ menyampaikan pendapat dalam diskusi kecil..
2.      Ketepatan jawaban.
3.      Keseriusan dan konsentrasi dalam menyimak pertanyaan.
·         Tes tertulis
1.      pilihan ganda
2.      isian.
·         Tes perbuatan.

Bentuk Tes :
1.      Objektif tes
2.      Non Objektif tes

Instrument Tes :
·         LKS
·         Lmbar observasi.

Lembar Kerja Siswa IPA
Kelompok : .......................
Anggota    :
1.     ................................
2.     ...............................
3.     ...............................
4.     ...............................
5.     ...............................
Beri tanda ceklis sesuai kondisi lingkunganmu
Membuang sampah di tempat sampah
Saluran air bersih
Banyak pohon








              Mengetahui,                                                                          Tulungagung, 4 April 2015
            Kepala Sekolah                                                                      Guru Mata Pelajaran Tematik



  _______________________                                                             _______________________

  NIP.                                                                                                   NIP.

No comments:

Post a Comment